Sukabumi Update

BPBD Kabupaten Sukabumi Terjunkan Dua Alat Berat Keruk Sungai Ciranca

SUKABUMIUPDATE.com -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), bersama sejumlah anggota pemadam kebakaran dan Satpol-PP, Kabupaten Sukabumi, melakukan upaya Mitigasi pasca banjir merendam Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu (24/3/2018).

BACA JUGA: Antisipasi Banjir Akibat Luapan Sungai Ciranca, Pemkab Sukabumi Lakukan Pengerukan

Banjir yang merendam seluruh ruangan kantor Kelurahan Palabuhanratu tersebut berasal dari luapan sungai Ciranca. Upaya yang dilakukan itu diantaranya pengerukan sungai dan penyemprotan sisa-sisa material banjir di sekitaran halaman kantor kelurahan.

"Mulai dari pagi hingga menjelang sore ini proses pengerukan sedimentasi sungai masih terus dilakukan oleh Satgas BPBD. Sementara untuk membersihkan matrial banjir dilakukan penyemprotan oleh Damkar," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Asep, meluapnya air sungai Ciranca hingga merendam kantor Kelurahan Palabuhanratu, diakibatkan adanya pendangkalan dan alih fungsi lahan. Dalam prosesnya ditinjau langsung oleh Sekda, Iyos Somantri dengan didampingi camat serta lurah.

"Kita menerjunkan dua unit alat berat, satu unit dari BPBD dan satu unit dari PU serta satu unit mobil Damkar. Sejauh ini tidak ada kendala mudah-mudahan bisa cepat selesai," jelasnya.

BACA JUGA: Kantor Kelurahan Palabuhanratu Terendam Banjir, Lurah Pastikan Logistik Pemilu Aman

Selain merendam kantor kelurahan, sebelumnya banjir yang berasal dari luapan Sungai Ciranca tersebut juga merendam rumah warga. Namun tidak sampai masuk ke dalam rumah. Berdasarkan informasi dari kelurahan, ada sebanyak 40 Kepala Keluarga.

"Alhamdulillah kecil dampaknya terhadap rumah warga. Sebab, banjirnya hanya sebentar saja dan air hanya sampai ke halaman rumah warga tidak sampai masuk kedalam rumah warga," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI