Sukabumi Update

Meninggal di Arab, Keluarga Minta Jenazah TKW Surade Sukabumi Dipulangkan

SUKABUMIUPDATE.com - Lasminah (36 tahun) binti almarhum Sirum Tarmudi, seorang TKW asal Kampung Nagrak 2 RT 05/06 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi dikabarkan meninggal dunia di Najran, Arab Saudi. Kabar tersebut diterima pihak keluarga pada Jumat 15 Maret 2019 lalu.

BACA JUGA: Tak Pulang 12 Tahun, TKW Asal Surade Sukabumi Dirindukan Orangtuanya

Sudah lebih dari satu bulan, jenazah Lasminah belum kunjung datang ke tanah kelahirannya. Ayah tiri Lasminah, Dodi (50 tahun) menyebutkan, Lasminah sudah bekerja bekerja kurang lebih 10 tahun di Arab Saudi. Dodi mengaku, pada Senin (22/4/2019) lalu, pihak keluarga berangkat ke kantor Kementerian Luar Negeri di Jakarta, meminta agar jenazah Lasminah segera dipulangkan ke Indonesia.

"Jawaban dari Kementerian Luar Negeri, tipis harapan untuk bisa dipulangkan, dengan alasan overstay dan majikannya lepas dari tanggung jawab," kata Dodi kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/4/2019).

BACA JUGA: Mantan TKW Hilang Kontak, Pemdes Bojongsawah Minta Bantuan Dinsos

"Sedangkan waktu yang diberikan oleh pihak berwenang Majlis Syuro setingkat Parlemen di Arab Saudi tinggal tiga minggu lagi, terhitung dari tanggal kematian. Kalau sampai dua bulan akan dimakamkan secara sepihak oleh aparat berwenang di Arab Saudi," sambung Dodi.

Sampai saat ini, masih kata Dodi, tidak ada keputusan kesanggupan pihak pemerintah untuk bisa membawa pulang jenazah Lasminah. Ia mengulas, pihak Disnakertrans Kabupaten Sukabumi bagian Pemberangkatan Pemulangan TKI pernah menghubungi pada 18 April 2019 lalu, meminta surat persetujuan dari ahli waris untuk menguburkan jenazah di Arab Saudi, dengan alasan overstay, serta Iqomah (KTP Arab) dan paspor sudah tidak berlaku.

BACA JUGA: Dirawat di RSUD Sekarwangi, TKW Asal Cisaat Sukabumi Mengalami Prolaps Uteri

"Penyebab kematian Lasminah sampai sekarang tidak jelas. Tidak adanya rekam medisnya, begitupun dengan gajinya selama 10 tahun hanya sekali mengirim uang sebesar Rp 10 juta tahun 2014," ujarnya.

"Kami cuma meminta pihak pemerintah bisa berusaha untuk memulangkan jenazah Lasminah. Kami akan meminta kebijakan dari Pemkab Sukabumi, ke provinsi, bahkan kalau perlu ke Presiden Jokowi," tandas Dodi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI