Sukabumi Update

Penentuan 1 Ramadan 1440 Hijriah, Hilal Terlihat di POB Cibeas Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Hilal terlihat saat Tim Ahli Rukyatul Hilal melakukan pemantauan di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, sekaligus menjelang Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan 1440 Hijriah, Minggu (5/5/2019).

BACA JUGA: Hilal Tak Terlihat di POB Palabuhanratu, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 1439 H Jumat Besok

Ketua Tim Ahli Dewan Hisab Rukyat, KH Muhammad Yahya menjelaskan, setelah melaksanakan Rukyatul Hilal bersama tim ahli, sebagian besar melihat hilal meski tertutup gumpalan awan hitam.

"Barusan ya melihat. Bukan saya saja yang melihat, tadi banyak. Disela-sela awan yang hitam itu ternyata muncul Hilal, kemudian diamati," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Melongok Kesibukan Rukyatul Hilal di POB Cibeas Sukabumi

Yahya memaparkan, hilal terlihat mulai dari pukul 17.49 WIB. Setelah terus diamati, Hilal terlihat turun ke bawah sampai di akhir masuk di awan yang tebal, yakni di pukul 17.58 WIB.

"Hilal terlihat kurang lebih 9 menit. Untuk penetapan awal bulan puasa sudah masuk, Insyaallah. Namun nanti hasil Sidang Isbat yang menentukan. Kita hanya melaporkan saja. Cuma prediksi Insyaallah mulai besok sudah mulai masuk bulan puasa," pungkas Yahya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI