Sukabumi Update

Yuk Ngabuburit Bersihkan Batubara di Pantai Cipatuguran Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah komunitas di Sukabumi mengajak berbagai elemen masyarakat untuk membersihkan serakan barubara di pesisir pantai Cipatuguran RT 02/21, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Batubara tersebut tumpah akibat dari tongkang yang karam di peraian sejak, Minggu (28/4/2019) lalu.

BACA JUGA: Tongkang Karam di Cipatuguran Palabuhanratu, Walhi Desak Pemprov Bertindak

Ketua Komunitas Lingkar Hijau sekaligus koordinator aksi, Moch Haetami Zein mengungkapkan hingga pagi tadi, batubara masih berserakan begitu saja di bibir pantai. Padahal sudah dua minggu yang lalu tongkang itu karam. Maka dari itu ia bersama sejumlah komunitas lainnya berinisiatif akan membersihkan batubara tersebut.

"Karena belum adanya tindakan dari pihak terduga atau pelaku pencemaran, kami akan membersihkanya dan mengajak masyarakat," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/5/2019). 

BACA JUGA: Penampakan Batubara Kotori Pantai Cipatuguran Palabuhanratu, Dampak Tongkang Karam

Selain itu, kata Haetami jika dibiarkan terlalu lama di pantai  juga akan terbawa kembali oleh arus ke tengah atau dikhawatirkan di salahgunakan oleh masyarakat yang kurang faham akan resiko lingkungan dan kesehatannya.

"Maka dengan segala kerendahan hati, kami berinisiatif untuk mengajak siapa saja yang peduli untuk ikut memungutnya bersama nanti sore, sekitar pukul 16:00 WIB di lokasi. Itung-itung sekalian ngabuburit," tandasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI