Sukabumi Update

Harapan Warga Pasirbaru Sukabumi, Bisa Segera Nikmati Air Bersih

SUKABUMIUPDATE.com - Harapan warga Kampung Pasir Randu Jujuluk RT 02/08, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi untuk bisa menikmati sarana air bersih akhirnya akan segera terwujud.

BACA JUGA: Sulit Air Bersih, DPRD Kabupaten Sukabumi Usulkan Pipanisasi di Desa Pasirbaru

Sabtu (22/6/2019) warga nampak bergotong royong menyelesaikan pembangunan bak penampungan air dan pemasangan pipanisasi untuk menyalurkan air dari sumber mata air ke bak penampungan air.

"Alhamdulillah kami sangat berterimakasih sekali kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Baznas Provinsi Jawa Barat yang sudah membantu pembangunan bak penampungan air. Saat ini sudah hampir selesai, tinggal melengkapi kekurangannya dengan swadaya masyarakat. Nanti kita musyawarahkan," ujar salah seorang warga, Hendra Herdiansyah (40 tahun) kepada sukabumiupdate.com.

Nantinya, sambung Hendra, saat air sudah mengalir ke rumah warga, akan dibentuk semacam organisasi masyarakat setempat, dimana nantinya masyarakat akan udunan (patungan), dan disimpan sebagai uang kas untuk biaya perawatan dan perbaikan ketika ada kerusakan pipa maupun bak penampungan air.

"Kas warga ini. Nanti kan ketika ada warga yang membutuhkan bantuan, kita bisa pakai dari uang kas tersebut. Insyaallah bisa selesai satu minggu kedepan, air bersih bisa disalurkan ke rumah warga," pungkasnya.

BACA JUGA: Jauh dari Sumber Mata Air, Warga Pasirbaru Sukabumi Andalkan Air Hujan

Sementara itu, Relawan Tanggap Bencana Baznas Provinsi Jawa Barat, Rudi Ridwan mengatakan pihaknya membawa bantuan pipanisasi sepanjang 1,5 kilometer dan pembangunan bak penampungan air ukuran 2x3 meter dengan pengerjaan dilakukan gotong royong bersama warga setempat

"Bantuan pipanisasi tersebut untuk menyalurkan air dari mata air ke rumah-rumah warga yang sudah lama kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mandi, mencuci dan lainya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Air ini merupakan kebutuhan paling penting, terutama untuk melakukan ibadah," ungkap Rudi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI