Sukabumi Update

Capai Titik Beku, Puncak Gede Pangrango Kembali Bersalju

SUKABUMIUPDATE.com - Cuasa ekstrim dilaporkan terjadi di kawasan puncak Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Dalam seminggu terakhir, para pendaki mendapatu salju menutupi kawasan puncak gunung khususnya di alun alun suryakencana.

“Saya dapat kabar dari rekan pendaki dan rekan rekan di wilayah jalur gunung putri bogor bahwa cuaca di alun alun suryakencana sudah mencapai titik beku,” jelas Firman salah seorang voleuntir gunung Gede Pangrango di Kabupaten Sukabumi.

Kepada sukabumiupdate.com, Jumat (28/6/2019) Firman menjelaskan bahwa titik beku ini terjadi di kawasan Puncak Gede Pangrango pada dalam sepekan terakhir. “Prediksinya suhu di kawasan puncak dan alun alun suryakencana bisa dibawah nol derajat, makanya banyak ditemukan bunga es.” 

BACA JUGA: Macan Tutul di TN Gunung Gede Pangrango Tersisa 25 Ekor

Ketinggian kawasan ini antara 2600 hingga 3000 meter diatas permukaan air laut. “Bunga es ini banyak ditemukan di dua kawasan tersebut. Cuaca dengan suhu ekstrim ini biasanya berlangsung dari tengah malam, sekitar pukul 02.00 WIB hingga pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB,” sambung Firman.

Pegiat lingkungan yang hobi fotograpi ini, menegaskan kondisi ini juga pernah terjadi tahun lalu. Saat musim kering (kemarau) mulai melanda kawasan Jawa Barat Selatan khususnya Sukabumi. Informasi ini dibagikan Firman di akun facebooknya, dengan mencantumkan video dari pendaki yang tengah menikmati bunga es di alun alun suryakencana Gunung Gede Pangrango.

Dalam video tersebut, tiga pendaki memperlihatkan salju yang dikumpulkan dari bagian luar tenda mereka. Salju yang menempel di tenda para pendaki ini terlihat terkumpul hingga memenuhi dua tangan.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI