Sukabumi Update

Butuh Satu Jam Lebih Untuk Evakuasi Pohon Mahoni Roboh di Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Akhirnya pohon Mahoni yang roboh dan sempat menutup badan jalan raya Batusapi - Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Cangehgar, Kel/ Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi berhasil dievakuasi.  10 petugas UPTD Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi dibantu warga sekitar bahu membahu membersihkan batang Mahoni dengan memotong batang kayu menggunakan mesin senso dan golok.

 "Alhamdulillah sudah selesai. Butuh waktu satu jam lebih untuk membersihkan matrial kayu yang roboh ini," ujar Male Sucarwana, Kepala UPTD Dinas PU wilayah Palabuhanratu.

Dijelaskan Male, penyebab dari pohon roboh karena memang sudah lama mengering di perkirakan memiliki tinggi kurang lebih 10 meter dengan lingkar batang diameter 1,5 meter. Berdasarkan informasi dari warga sekitar sudah lebih satu tahun pohon mati kering.

BACA JUGA: Kekeringan, Pohon Mahoni di Cangehgar Palabuhanratu Tumbang

 "Pohon ini infonya selama setahun lebih tidak pernah berdaun meski musim hujan hingga batang pohon bagian bawah sudah bolong banyak rayapnya," tandasnya.

Sementara itu Heru (21 tahun) warga sekitar mengatakan sudah pernah melaporkan kondisi pohon tersebut ke petugas baik kelurahan maupun petugas dinas, namun mereka selalu mengatakan belum ada perintah dari pimpinan nya dan pohon di biarkan hingga akhirnya roboh.

BACA JUGA: Beri Solusi Gagal Panen Akibat Kekeringan, Distan Sukabumi Ingatkan Asuransi UTP

"Petugas tidak bisa melakukan menebang atau memangkas karena belum ada perintah. Saya pribadi pernah menawarkan siap memberi uang roko agar pohon yang kering ini sebelumnya harus di tebang dari pada terjadi hal yang tidak di inginkan," ujarnya.

Meski tidak ada korban jiwa, lanjut Heru, kejadian tadi menurutnya sangat disayangkan seharusnya dinas bisa melakukan hal yang terbaik dari awal untuk masyarakat apalagi mengenai keselamatan.

"Beruntung saja tidak ada korban. Padahal tadi sebenarnya ada dua motor yang mau melintas keburu saya hadang karena pohon sebelum roboh nyangkut di kabel, kalau tidak nyangkut kebayang dua motor jadi korban." tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI