Sukabumi Update

Pohon Pisang Unik di Nyalindung, Tumbuh Jantung Setelah Ditebang

SUKABUMIUPDATE.com - Jantung pisang biasanya tumbuh di pohon yang masih berdiri kokoh, hingga menghasilkan buah pisang yang bisa dikonsumsi.

BACA JUGA: Pohon Pisang Dua Tandan Tumbuh di Kebun Warga Cidahu Sukabumi 

Namun pisang yang satu ini berbeda. Jantung pisang tumbuh di pohon yang sudah ditebang. Bahkan tumbuh juga buah-buah pisang kecil di pohon tersebut.

Pisang unik itu tumbuh di kawasan pesantren Yayasan Cinta Dakwah, Jalan Pasirgede RT 03/10 Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Pohon Pisang Unik Tumbuh di Halaman Rumah Warga Kalapanunggal Sukabumi

Yang pertama kali menanam pisang itu adalah Bahrudin (26 tahun) mengaku awalnya tak menyadari pohon pisang tersebut tumbuh dengan cara yang unik. Pohon kini sudah dipasangi pagar dari kayu.

"Awalnya pohon pisang ini ditanam di pinggir lapang yang lokasinya sekitar 20 meter dari lokasi saat ini. Waktu ditanam di sana itu pohon pisang memang tumbuh namun tidak berbuah. Akhirnya saya pindah ke tempat ini," kata Bahrudin saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (10/6/2019). 

BACA JUGA: Pohon Kurma Tumbuh dan Berbuah Manis di Waluran Sukabumi

Ia mengaku, sebelum ditanam pohon pisang sempat dipotong supaya bisa cepat berbuah. Kemudian di sebelah pohon itu ia menanam bibit pohon pisang lainnya yang masih berukuran kecil. Bibit yang ditanam itu adalah bibit pisang ambon.

"Tak lama sekitar satu bulan dari penanaman munculah jantung pisang di pohon yang sudah dikupas tersebut. Kita baru sadar kalau itu memang kejadian unik dan langka," tandas Bahrudin.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI