Sukabumi Update

Penampakan Terowongan Tua, Penyebab Amblasnya Jalan di Pabuaran Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Anda pernah melintas di Jalan Pabuaran Kota Sukabumi, tepatnya di dekat pertigaan Dayeuhluhur? Bagi yang pernah, tentu beberapa hari ini anda pasti melihat tulisan peringatan bahwa ada salah satu titik jalan yang amblas di wilayah tersebut. Setelah ditelusuri, ternyata konstruksi saluran drainase (terowongan air) di bawah jalan tersebut yang sudah relatif tua, menjadi penyebabnya.

BACA JUGA: Gorong-gorong Amblas di Jalan Raya Citepus Palabuhanratu Tak Kunjung Diperbaiki

"Amblasnya badan jalan tersebut, pada posisi saluran drainase di bawah badan jalan dan melintang jalan. Konstruksi saluran tersebut merupakan pasangan pelengkung bata yang merupakan konstruksi yang usianya sudah cukup lama. Usianya sekitar 80 tahunan," ungkap Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman, Sabtu (20/7/2019).

Jalan amblas di Pabuaran, Kota Sukabumi. | Sumber Foto: Oksa BC

Abdul Rachman menyebut, amblasnya jalan tersebut sudah terjadi sejak Selasa (16/7/2019), dan langsung dilakukan proteksi pengamanan, dengan pemasangan Traffic Cone di area jalan yang amblas. Kemudian pada Rabu (17/7/2019), dilakukan survey untuk untuk mengambil tindakan fisik yang tepat. Dan pada Kamis (18/7/2019), dimulai pelaksanaan tindakan fisik untuk perbaikannya.

"Luas yang amblasnya sekitar setengah meteran, dan perbaikannya sedang dilakukan secara menyeluruh. Untuk memperkuat drainase yang masih konstruksi lama," sambung Abdul Rachman kepada sukabumiupdate.com.

Ia menambahkan, selain konstruksi saluran drainase yang sudah tua, penyebab amblasnya jalan tersebut juga diduga karena terlalu sering dilewati beban lalu lintas, baik tonase maupun intensitas kendaraan yang cukup tinggi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI