Sukabumi Update

Butuh Bantuan! Rumah Janda Buruh Pemecah Batu di Ciracap Sukabumi Mulai Ambruk

SUKABUMIUPDATE.com- Rumah Panggung ukuran 4,5 meter X 8 meter, milik Hotim (64 tahun) janda tua asal Kampung Puncaksuji RT 29/07 Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, sebagian mulai ambruk. Rumah berdinding bilik bamboo tersebut dihuni Hotim bersama dua cucunya, yang masih sekolah SD dan satu lagi sudah keluar SMP. 

"Rumah panggung ini peninggalan almarhum suami, dibangun delapan tahun yang lalu, kini kondisinya sudah rusak, bahkan bagian dapur ambruk, empat bulan yang lalu," lirih Hotim, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (24/7/2019).

BACA JUGA: Huni RTLH, Unang Warga Lengkong Sukabumi Harap Uluran Tangan

“Bagian atap sudah lapuk, ada juga yang patah, kalau hujan semua bagian rumah bocor," imbuhnya.

Menurut Hotim yang menggantungkan hidupnya dari upah buruh pemecah batu, penghasilannya dan kelima anak-anaknya tak cukup untuk memperbaiki rumah tersebut. “Anak anak semuanya sudah berkeluarga dan ada yang diluar kota, kondisi ekonomi mereka hanya cukup untuk kebutuhan sendiri," ujar ibu lima anak ini lebih jauh.

BACA JUGA: RTLH Nenek Pemulung di Cibadak Sukabumi Hancur Diterjang Angin Kencang

Sebenarnya Hotim bukan tidak berusaha, ia sudah mengumpulkan bahan bangunan dari hasil menabung. "Ini sudah ada bambu dan paku, tinggal kayu dan untuk upah kerjanya saja. Saya khawatir keburu ambruk,” pungkasnya.

Sementara itu PJS Kepala Desa Purwasedar, Burhanudin, mengatakan akan segera mengecek dan mendata kondisi rumah Hotim. "Setelah nanti memeriksa kondisi rumah, selanjutnya kami akan segera mengambil langkah untuk solusi terbaik merencanakan perehaban, "pungkasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI