Sukabumi Update

Bertahun-tahun Jalan Desa di Kampung Cikalapa Cidadap Belum Tersentuh Pengaspalan

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan desa di Kampung Cikalapa RT 03/04, Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi masih berupa tanah. Saat musim kemarau, jalan tersebut bisa dilintasi kendaraan dengan catatan harus berhati-hati. Tetapi ketika musim hujan kendaraan akan kesulitan melintasinya karena jalan bakal menjadi lumpur. 

Warga, Ganjar Rahmana (22 tahun) mengungkapkan, bertahun-tahun kondisi jalan seperti ini namun tidak ada tanggapan dari pihak pemerintah setempat.

BACA JUGA: Sempat Terpakai, Dana Desa Cidahu Cibitung Direalisasikan Lewat Pengaspalan

"Padahal jalan ini sudah sangat rusak sudah lama juga kondisinya seperti," ujar Ganjar kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/7/2019.

Selain tak nyaman,  jalan tanah itu membuat masyarakat Kampung Cikalapa yang mayoritas petani rugi. Petani ketika menjual hasil panennya murah sekali karena mobil yang dibawa pembeli tak bisa melalui jalan tersebut. Sehingga pembeli itu mesti menganggkut hasil panen dengan ojek yang sudah dimodifikasi untuk mengangkut barang.

Petani juga kesulitan ketika membeli pupuk atau bahan pokok pertanian dan kebutuhan lainnya.

"Yang saya alami dari saya lahir sampai saya usia sekarang belum pernah merasakan kesejahtraan bagi masyarakat disini karena dari dulu juga daerah sini sangat tertinggal," pungkas ganjar.

Sementara itu, Sekretaris Desa Tanjolaut Biman mengatakan, untuk perbaikan jalan itu sudah dianggarkan di APBDes. 

"Akan di bangun pada tahun ini, namun karena belum pencairan dana pihak desa menunggu dulu sampai Pencairan dana," ujar Biman.

BACA JUGA: Kompak! Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Caringinnunggal Sukabumi Tinjau Pengaspalan Jalan

Bimam mengakui ketika hujan susah dilalui jangankan mobil, motor pun kesulitan. Adapun perbaikan jalan diawali pengerasan jalan pada tahun ini. Pengerasan ini menyambung pengerasan jalan yang tahun sudah dilakukan dari daerah Cipicung menyambungkan ke kampung Cikalapa sekitar 1 kilometer.

Karena kondisinya, pembangunan jalan Cikalapa ini diprioritaskan sedangkan jalan-jalan yang lainnya akan ditunda dulu.

"Untuk jalan penghubung seperti jalan penghubung ke Desa Cidolog, ke Desa CiKarang dan ke Desa Mekarjaya belum bisa dibangun karena pihak desa mengedepankan wilayah desa untuk menuju pemukiman warga Desa TenjoLaut. Untuk jalan penghubung itu kita harus bekerja sama juga dengan pemerintah terkait karena itu jalan penghubung dan juga jalannya begitu jauh," pungkas Biman.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI