Sukabumi Update

Kebakaran Lahan Kembali terjadi di Kawasan Geopark Ciletuh Ciemas

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran kembali terjadi di kawasan Geoprak Ciletuh. Api melalap lahan milik warga yang ditanami kayu Jati dan Jengjeng, di Kampung Pasir Bunut RT 01/03, Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin (29/7/2019).

"Kejadiannya sekitar pukul 10.30 WIB, kebakaran terjadi pada lahan yang ditanami pohon Jati dan Jengjeng milik warga," ujar anggota Koramil 2215 / Ciemas, Sertu Budi, kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Tebing Panenjoan Ciemas Sukabumi Terbakar Lagi

Budi mengungkapkan, saat ini api sudah merambat dan membakar lahan dengan luas sekitar 5 hektar. Menurut dia, kobaran api dan kepulan asap pertama kali terlihat oleh warga setempat di salah satu kebun kayu milik warga melihat kejadian tersebut warga spontan berusaha untuk memandamkan api dan melaporkan ke aparat setempat.

Namun di lahan tersebut banyak rumput dan ilalang kering ditambah angin kencang, sehingga api dengan cepatnya mudah meluas dan menyulitkan pemadaman.

"Diduga sumber api, berasal dari adanya warga yang membuka lahan dengan cara membakar kemudian api tertiup angin dan membakar ilalang kering," pungkasnya.

Sementara itu Plt Camat Ciemas, AG Senjaya, membenarkan adanya kejadian tersebut.

BACA JUGA: Hutan Mandrajaya Ciemas Terbakar, Sumber Api Masih Misterius

"Kebetulan kami sedang diperjalan menuju lokasi, namun kami sudah berkoordinasi dengan Koramil, Pol PP dan Polsek Ciemas bahkan Damkar sudah berada dilokasi kejadian. Sementara laporan tidak ada korban jiwa, kerugian belum dihitung juga belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI