Sukabumi Update

Tak Hanya Sukabumi, Calon Orang Tua Angkat Bayi Dalam Kardus Juga dari Luar Jawa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial Kota Sukabumi menyebut, lebih dari 30 calon orang tua angkat Annisa Karima akan menjalani screening. Pelaksanaan screening tersebut dilakukan dalam rangka persiapan untuk menghadapi proses adopsi terhadap bayi yang ditemukan di dalam kardus di Cibereum, Kota Sukabumi, Jumat (12/7/2019) lalu.

"Ada lebih 30 calon orangtua angkat, baik yang berasal dari Kota Sukabumi, luar Kota Sukabumi, hingga luar Pulau Jawa," ungkap Kadinsos Kota Sukabumi Rita Fitrianingsih, Senin (29/7/2019).

BACA JUGA: Ditemukan Dalam Kardus di Cibereum Kota Sukabumi, Bayi Perempuan Ini Sehat

Rita menjelaskan, proses adopsi itu pada dasarnya kewenangan pihak Dinas Sosial Provinsi, dan proses adopsinya sendiri dilakukan setalah 6 bulan sejak penyerahan dari rumah sakit kepada Dinas Sosial Kota Sukabumi.

"Sambil kita menunggu proses hukum, dan tentu Annisa harus mendapatkan orangtua yang bertanggungjawab, untuk menghindari risiko trafficking, dan risiko lainnya," jelas Rita.

Annisa Karima telah diserahkan pihak RSUD Syamsudin SH kepada Dinas Sosial Kota Sukabumi, Senin (29/7/2019). 

penyerahan Annisa tersebut dilakukan karena untuk menghindari kontaminasi bakteri dari pasien lain, apabila terus berada di rumah sakit. Selain itu, penyerahan tersebut juga dalam rangka pengurusan untuk menindaklanjuti pencarian orang tua sambung bagi Annisa.

Selama dua Minggu Annisa Karima mendapatkan pendampingan dan perawatan di RSUD Syamsudin SH. Sekarang kondisi Annisa sehat dan berat badannya meningkat menjadi 3,5 kilogram, dari yang awalnya hanya sekitar 3,1 kilogram.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI