Sukabumi Update

Dalam Dua Pekan Terjadi 25 Kali Kebakaran di Kabupaten Sukabumi, Kok Bisa?

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kebakaran yang terjadi di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi cukup menyorot perhatian, terutama dalam kurun waktu bulan Agustus 2019 ini. Dalam dua pekan terakhir saja, dari awal bulan hingga Sabtu, 17 Agustus 2019, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi mencatat ada 25 kali peristiwa kebakaran. 

BACA JUGA: Rumah Guru Ngaji di Cikidang Sukabumi Ludes Tak Tersisa

Kepala Seksi Pengendali Operasi (Dalops) Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Yayan Herdiansyah memaparkan, berdasarkan laporan yang diterima dari 25 peristiwa kebakaran, 15 kejadian diantaranya adalah kebakaran hutan dan lahan. Sementara sisanya kebakaran bangunan atau rumah.

"Pemicu kebakaran itu bermacam-macam. Mulai dari tungku pembakaran, korsleting listrik, sampai puntung rokok," kata Yayan saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Sabtu (17/8/2019).

Namun dari serangkaian peristiwa kebakaran tersebut, dilaporkan tak ada korban jiwa maupun luka. Ia juga mengakui dari sekian peristiwa kebakaran tak semuanya bisa terlayani maksimal. Hal itu lantaran lokasi yang sulit dijangkau dan juga rentang kendali antar Pos Pemadam Kebakaran dengan lokasi kejadian yang jaraknya cukup jauh.

BACA JUGA: Kebakaran di Cikembar, Tiga Kuintal Enye Ikut Hangus Dilalap Si Jago Merah

"Namun demikian, personel kami selalu memberikan penyuluhan dan pemahaman mengenai teknik awal penanganan kebakaran dan pencegahan kepada masyarakat. Terutama antisipasi jika terjadi kebakaran. Pencegahan lebih utama," lanjutnya.

"Kemudian yang tak kalah penting jauhkan bahan-bahan yang mudah terbakar dari jangkauan orang. Cek kabel listrik secara rutin. Soalnya kabel listrik rentan terjadi arus pendek atau korsleting dan menjadi penyebab kebakaran rumah," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI