Sukabumi Update

Ada 150 Rutilahu di Desa Mekarsari Kalapanunggal, Pemdes Akui Kewalahan

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa Mekarsari mencatat sedikitnya ada 150 unit Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi yang belum tertangani.

BACA JUGA: Belum Kunjung Diperbaiki, Rutilahu di Kalapanunggal Ini Hanya Jadi Objek Foto

Sekertaris Desa Mekarsari, Uus Rustandi menuturkan, pihak desa merasa kesulitan menanggapi masalah Rutilahu ini lantaran untuk mendapatkan bantuan dari dinas terkait perlu beberapa tahapan birokrasi. Dan walau pun tahapan itu sudah tercapai, tapi anggaran tak kunjung diterima.

"Kita sudah ajukan beberapa kali lewat proposal 150 unit Rutilahu ini tapi belum ada respon," ujar Uus kepada sukabumiupdate.com, Senin (19/8/2019), di Kantor Desa Mekarsari. 

BACA JUGA: Miris! 189 Rutilahu di Desa Cijengkol Sukabumi Nyaris Ambruk

Lanjut Uus, sebelumnya Rutilahu di Desa Mekarsari sempat mendapatkan bantuan dari perusahaan energi panas bumi yang berada di Kecamatan Kalapanunggal, dan itupun hanya tiga unit. "Sempat ada perusahaan di wilayah Kecamatan Kalapanunggal membantu, itu pun cuman tiga unit," tukasnya. 

Kendati demikian, Uus menyadari yang dilakukan oleh dinas terkait dengan tidak merespon proposal bantuan rutilahu itu, mungkin dilandasi kondisi Rutilahu di desanya yang tak begitu parah ketimbang desa lain. "Mungkin dinas terkait tidak mendahulukan Desa Mekarsari, karena kondisi rutilahu di desa lain lebih parah," tutupnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI