Sukabumi Update

Hutan di Gunung Walat Cicantayan Terbakar, Pemancar TVRI Terancam

SUKABUMIUPADTE.com - Kebakaran melanda hutan di areal Gunung walat Kampung Genteng RT 07/05 Desa Lembursawah Kecamatan Cantayan Kabupaten Sukabumi, Jumat (23/8/2019). Api membesar di sekitar areal perbatasan dengan hutan pendidikan dan lokasi pemancar TVRI (Televisi Republik Indonesia).

BACA JUGA: Lahan di Gedongpanjang Sukabumi Terbakar, Penyebabnya Puntung Rokok

Menurut Danpos Damkar Cibadak Aam Hermana, api diketahui sekitar pukul 13.20 WIB oleh warga setempat. “Kami mengirim Satu unit damkar namun tidak bisa mencapai titik api, karena  medan jalannya tidak bisa di lalui kendaraan, mobil damkar hanya sampai di Arta graha, sementara jaraknya masih sekitar dua kilometer lagi.”

BACA JUGA: Tiga Hektare Lahan di Cisolok Sukabumi Terbakar, Penyebab Masih Misterius

Proses pemadaman api pun dilakukan dengan cara memukul dengan dahan dan kayu basah. “Anggota Koramil Cibadak, relawan dan masyarakat sekitar Kampung genteng masih berusaha memadamkan titik api yang ada diperbatasan dengan hutan pendidikan, disana ada kebon pinus dan pemancar TVRI," ujarnya.

BACA JUGA: Tiga Titik Panas Terdeteksi di Kabupaten Sukabumi, BPBD Sebut Ada Pembukaan Lahan

Sebaran titik api bisa dikendalikan beberapa jam kemudian. Namun warga dan relawan masih berjaga karena khawatir api kembali muncul dari bawah dahan yang berasap. “Informasi awal yang kami dapat, dugaan sementara kebakaran diakibatkan dari puntung rokok warga yang habis pulang dari kebun," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI