Sukabumi Update

Isak Tangis Iringi Pemakaman Nelayan Tewas Tenggelam di Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Jenazah Asep Setiawan (48 tahun) nelayan yang tewas tenggelam di Pantai Katapang Condong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Minggu, 25 Agustus 2019 lalu akhirnya dikebumikan.

BACA JUGA: Hilang Delapan Hari, Jenazah Nelayan Tenggelam di Palabuhanratu Akhirnya Ditemukan

Prosesi pemakaman dilakukan di rumah duka, Kampung Marinjung Girang, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (1/9/2019) setelah jenazah Asep ditemukan pada Minggu siang.

"Almarhun Asep Setiawan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Marinjung, jaraknya sekitar 600 meter dari rumahnya. Prosesi pemakaman sekitar pukul 15.00 WIB. Isak tangis mengiringi kepergian almarhum," ujar anggota Satpol PP Kecamatan Cisolok, Irawan usai mengantar jenazah di rumah duka.

Irawan menjelaskan, pihak keluarga sudah meyakini bahwa jenazah tersebut adalah Asep Setiawan berdasarkan ciri-ciri fisiknya. 

"Meskipun saat di temukan tidak memakai baju, hanya pakai celana dalam. Tadi pas dievakuasi ke rumah sakit, pihak keluarga sudah mengakui bahwa itu benar Asep Setiawan. Selain dari ciri-ciri fisik juga dari celana dalam yang dipakai," tandas Irawan.

BACA JUGA: Area Pencarian Diperluas, Nelayan Tenggelam di Palabuhanratu Belum Ditemukan

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri mengatakan Asep Setiawan ditemukan oleh nelayan dalam kondisi telungkup, tepat berada di jalur gelombang ombak, sehingga saat melakukan evakuasi tim SAR Gabungan harus berhati-hati dengan perhitungan gelombang, ombak yang cukup besar.

"Saat yang tepat dua personel tim SAR Gabungan berenang mendekati jenazah dan menariknya ke tengah dan selanjutnya jenazah dimasukan ke kantong jenazah, lalu di evakuasi ke Dermaga Palabuhanratu," kata Okih.

BACA JUGA: Video: Ombak Besar Halangi Pencarian Nelayan Hilang di Palabuhanratu

"Untuk keluarga korban kami ucapkan duka cita yang mendalam. Semoga keluarga yang ditinggal diberi kesabaran, dan terimkasih juga kepada semua unsur tim SAR Gabungan dan masyarakat yang sudah membantu proses pencarian," tutur Okih.

Diberitakan sebelumnya, Asep tenggelam saat mencoba menarik perahu diesel yang terdampar di Pantai Katapang Condong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Asep menarik perahu yang terdampar ini menggunakan perahu lainnya. Asep kemudian lompat ke dalam air lalu hilang tergulung ombak sementara life jacket terlepas dari tubuhnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI