Sukabumi Update

Lahan Makam Santiong Cikundul Terbakar, Nisan Kuburan Menghitam

SUKABUMIUPDATE.com - Komplek Pemakaman Santiong Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi terbakar pada Kamis (19/9/2019) sore, sekitar pukul 15.00 WIB. 

BACA JUGA: Satu Hektare Lahan Hutan di Gunungguruh Terbakar, Polisi Selidiki Penyebab

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Bahrami mengatakan, kurang lebih ada 800 meter persegi lahan yang terbakar dari total lahan pemakaman seluas 10 hektare. Sedikitnya ada tiga spot titik api. Bahkan api sampai merembet ke komplek pemakaman. 

"Dari hasil pengolahan lapangan dan keterangan warga, kebakaran diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan. Hal ini juga terlihat dimana api mulai muncul dari bawah atau dari jalan, kemudian merambat ke atas, ke komplek pemakaman karena tiupan angin," terang Zulkarnain kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Kampung Bondol Cidahu, Damkar Terjebak Macet

Masih kata Zulkarnain, area yang terbakar didominasi pohon-pohon kecil dan ilalang yang sudah kering. Petugas yang menerjunkan tiga mobil pemadam kebakaran dan satu mobil resque juga sempat kesulitan saat hendak memadamkan api.

"Posisi kebakaran di atas tanjakan yang memerlukan selang yang lebih panjang dari biasanya untuk menjangkau titik api. Namun demikian api sudah berhasil dipadamkan 30 menit kemudian," lanjutnya. 

BACA JUGA: Lima Hari Perkebunan Sawit di Tamanjaya Terbakar, Ancam Produksi Gula Kelapa

Dilaporkan sementara, tak ada korban jiwa yang akibat peristiwa tersebut. Namun warga sekitar sempat panik lantaran kepulan asap tebal membumbung ke langit.

"Di lapangan, tim dibantu suplai air dari mobil DLH dan personel Satpol PP serta Polsek dalam upaya pemadaman. Hasil pemantauan di lokasi, perlu ada kantong-kantong air sebagai bentuk kontinjensi terhadap bahaya kebakaran di musim kemarau ini," tandas Zulkarnain. 

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI