Sukabumi Update

Periode Januari Hingga September 2019, Kota Sukabumi Terjadi 25 Kali Kebakaran

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD Kota Sukabumi merilis jumlah kebakaran yang terjadi di Kota Sukabumi periode Januari hingga September 2019. Dalam rekapitulasi tersebut, tercatat ada 25 kali peristiwa kebakaran di wilayah Kota Sukabumi. Kecamatan Warudoyong dan Cikole mendominasi jumlah tersebut.

"Untuk penyebabnya didominasi karena apa, belum dapat kami sampaikan. Nanti tunggu rilis selanjutnya," ucap Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada sukabumiupdate.com, Kamis (19/9/2019).

BACA JUGA: Lahan Makam Santiong Cikundul Terbakar, Nisan Kuburan Menghitam

25 kebakaran tersebut meliputi kebakaran permukiman sebanyak 12 kali, kebakaran lahan 9 kali, kebakaran di jalanan atau transportasi 1 kali, dan kebakaran tempat usaha sebanyak 3 kali.

Zulkarnain pun menjelaskan, dari 25 kejadian itu, 4 di antaranya terjadi di Kecamatan Baros, di Cikole 6 kali, di Citamiang 5 kali, di Gunungpuyuh 2 kali, Lembursitu 1 kali, dan Warudoyong 6 kali, serta kebakaran kendaraan di Jalur Lingkar Selatan 1 kali.

"Tepatnya itu dari bulan Januari hingga 16 September 2019," tambah Zulkarnain.

Akibatnya, prakiraan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp 1.08 miliar. Terdiri dari kebakaran permukiman sebesar Rp 334 juta, kebakaran lahan sebesar Rp 75 juta, tempat usaha Rp 585 juta, dan kebakaran jalanan atau transportasi sebesar Rp 90 juta.

"Berdasarkan wilayah, di Kecamatan Cikole Rp 165 juta, Kecamatan Baros Rp 250 juta, Kecamatan Gunungpuyuh Rp 105 juta, Kecamatan Warudoyong Rp 349 juta, Kecamatan Lembursitu Rp 10 juta, dan Kecamatan Citamiang Rp 204 juta," pungkas Zulkarnain.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI