Sukabumi Update

Semangat Anak-anak Cilopang Cibitung, Seberangi Sungai Supaya Bisa Sekolah

SUKABUMIUPDATE.com - Semangat anak-anak Kampung Cilopang, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi ini perlu ditiru. Mereka tak lelah menempuh perjalan menuju sekolah dengan berjalan kaki, bahkan sampai menyeberang Sungai Cikaso yang membelah Kecamatan Tegalbuleud dan Kecamatan Surade.

"Saat ini ada sekitar 15 siswa yang sekolah di SDN Cijaksi, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud," ujar ketua RT 01/04 Kampung Cilopang, Engkus Kusnadi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20/9/2019).

BACA JUGA: Mengerikan ! Warga Desa Tegalpanjang Sukabumi Seberangi Jembatan Bambu Reot

Kampung Cilopang berada di bantaran Sungai Cikaso, dan akses terdekat menuju sekolah hanya ke SDN Cijaksi yang berada di wilayah PTPN VII Cikaso Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud. Untuk mengaksesnya harus menyeberang sungai.

"Sebelumnya juga anak-anak dari Kampung Cilopang sekolahnya ke SDN Calingcing Desa Cibitung. Sehubungan jauh jaraknya, sekitar empat kilometer, kondisi jalan tanah serta bebatuan, maka pada tahun 1995 mulai dipindahkan ke SDN Cijaksi," papar Engkus.

BACA JUGA: Banjir, Puluhan Siswa di Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi Seberangi Sungai dengan Perahu Karet

Lanjut Engkus, anak-anak mulai berangkat sekolah jalan kaki dari rumah ke bantaran sungai sekitar 100 hingga 200 meter, lalu menyeberang sungai sejauh 100 meter lebih, dan jalan kaki lagi menuju SDN Cijaksi sejauh 300 meter. 

"Kalau saat ini memang tidak ada kendala. Namun di saat musim hujan, jalan menuju bantaran sungai becek dan lamanya menunggu perahu lewat. Anak-anak terpaksa digendong sampai bantaran sungai," ulas Engkus.

"Tidak ada perahu khusus yang menyebrangkan mereka. Anak-anak bisa menunggu satu atau dua jam, bahkan pernah ada yang menangis, karena tidak ada sama sekali perahu yang lewat dan tidak bisa pergi ke sekolah. Memang sangat memerlukan perahu khusus untuk menyebrangkan mereka dan ada dermaga atau jalan tembok," tuturnya.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung Kampung Adat di Sukabumi Putus, Warga Nekat Seberangi Sungai

Selain warga Cilopang Desa Cibitung, ada juga warga Kampung Cikakap, Kampung Bugel dan Kampung Cikepeul Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud. Perkampungan tersebut juga berada dibantaran Sungai Cikaso, mereka menuju SD dan SMP satu atap, yang berada di Kampung Ciloma Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung. 

"Pergi ke sekolah memakai perahu beleketek (mesin tempel), kurang lebih dua atau tiga kilometer, namun jumlahnya kurang tahu," pungkas Engkus.

Ayo bantu perahu fiber untuk anak-anak Kampung Cilopang

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI