Sukabumi Update

Terbakar Semalaman, Ini Penampakan Lahan di Karangpapak Cisolok Pagi Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan seluas kurang lebih 3 hektare milik sebuah yayasan, di Kampung Cirenik Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi tadi malam terbakar hebat. Sempat membesar dan membuat panik warga yang bermukim di dekatnya.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan Kembali terjadi di Kawasan Geopark Ciletuh Ciemas

Camat Cisolok Yat Hidayat menjelaskan, api mulai terlihat oleh warga sekitar pukul 19.00 WIB, Rabu malam (2/10/2019). Lahan yang merupakan kebun tidak digarap ini dipenuhi ilalang kering, sehingga api cepat membesar dan merampat. 

Kondisi lahan yang hangus terbakar pada Kamis pagi (3/10/2019).//Foto: Nandi 

"Ya tadi malam, api diketahui warga sudah membesar tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujar Yat Hidayat kepada sukabumiupdate.com, Kamis (3/10/2019).

Dijelaskan Yat, sejauh ini belum bisa memastikan kemunculan api dari mana, namun api cepat membesar karena dampak kemarau, pohon dan rumput kering serta tiupan angin laut yang cukup kencang. 

"Masih dicari informasinya api awalnya dari mana, kobaran api pada saat itu cukup besar sehingga warga sekitar sempat panik," jelasnya.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Cipeundeuy Simpenan, Permukiman Warga Terancam

Butuh waktu berjam-jam untuk memadamkan api. Warga bersama aparat kepolisian, TNI, pemda dan dua unit pemadam kebakaran baru bisa mengusai amukan api sekitar pukul 22.00 WIB. Namun pagi tadi warga masih melihat kepulan asap dari balik rerumputan dan pohon yang terbakar. 

Kondisi lahan yang terbakar bahkan sudah menyentuh bahu jalan raya Karangpapak Cisolok. "Tetap dipantau khawatir apinya muncul lagi. Kami juga mengimbau warga tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok dilahan yang kering," pungkasnya.

Editor : garis

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI