Sukabumi Update

Kedalaman 10 Meter, Sumur Tua di Pasirpanjang Ciracap Tak Pernah Kering Meski Kemarau

SUKABUMIUPDATE.com - Sumur dengan kedalaman sekitar 10 meter di Kampung Pasirpanjang RT 03/01 Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi menjadi satu-satunya sumber mata air warga yang tengah dilanda kekeringan.

BACA JUGA: Video: Warga Desa Cikangkung Sukabumi Buat Sumur di Sungai Kering

Sumur tajuk (surau) milik almarhum Haji Sukardi tersebut seolah tak pernah kering meski sedang musim kemarau panjang. Alhasil, warga sekitar tak kesulitan air bersih. Warga rela mengantri untuk bisa mendapat air bersih tersebut yang berdiri di atas lahan seluas 400 meter persegi tersebut.

Sumur tua di Kampung Pasirpanjang RT 03/01 Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan air yang tetap mengalir meski sedang musim kemarau. | Sumber Foto: Ragil Gilang

"Sumur tersebut memang awet airnya. Setiap tahun di musim kemarau tidak pernah kering," kata warga sekitar yang juga cucuk almarhum Haji Sukardi, Kurniadi (42 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (4/10/2019).

BACA JUGA: Warga Dua RT Antri Air dari Sumur yang Puluhan Tahun Tak Pernah Kering di Cibadak

Setiap hari, sambung Kurniadi, sumur selalu dipenuhi oleh warga yang mencuci, mandi, bahkan mengambil air untuk keperluan sehari-hari. Ia menuturkan, sumur tersebut sudah ada sebelum zaman kemerdekaan. Kemudian dipasangi tembok sekitar tahun 1975 dan direhab tahun 2005.

"Semakin banyak diambil, semakin banyak airnya. Ribuan orang setiap hari memanfaatkan sumur tajuk ini. Apalagi lokasinya juga dekat surau atau mushola. Pinggir jalan raya, sekitar 200 meter dari kantor desa," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI