Sukabumi Update

Kebakaran Lahan Juga Terjadi di Cikole Kota Sukabumi, BPBD: Ada yang Sengaja

SUKABUMIUPDATE.com - Selain di Selabintana Wetan, hari ini kebakaran lahan juga terjadi di Kampung Babakan Jampang RT 01/18 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukaubmi. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (5/10/2019) sekitar pukul 12.30 WIB.

"Lahan milik Bapak Ujang. Kebakaran hampir membakar lahan ilalang dan rumpun bambu yang memiliki luas total kurang lebih 2.000 meter persegi. Namun lahan yang terbakar kurang lebih hanya seluas 300 meter persegi. Terdapat beberapa titik api yang melahap beberapa rumpun bambu," tutur Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Satu Hektare Lahan di Selabintana Wetan Terbakar, Penyebabnya Masih Misterius

Zulkarnain mengatakan, yang paling dikhawatirkan dari kebakaran lahan ini adalah merambatnya api hingga ke kawasan perumahan. Tapi hal tersebut tidak terjadi karena api bisa cepat dipadamkan.

"Dalam upaya penanganan api, Tim BPBD Kota Sukabumi mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil rescue, beserta petugas siaga Pengurangan Risiko Bencana dan Kebakaran. Pemadaman dibantu warga sekitar, sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 14.30 WIB," jelas Zulkarnain.

BACA JUGA: Diduga Akibat Pembakaran Tak Terkendali, Makam Santiong Lembursitu Dilalap Api

Akibat peristiwa itu, lanjut Zulkarnain, kerugian material diperkirakan mencapai Rp 2 juta, dan tidak ada korban jiwa ataupun yang mengalami luka-luka.

"Petugas mengalami kendala yang dihadapi, yaitu ruas jalan yang sempit, serta akses jalan dan sulitnya menemukan akses air yang dekat dengan lokasi kejadian. Dugaan sementara lahan tersebut sengaja dibakar, tapi belum tahu siapa pelakunya," pungkas Zulkarnain.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI