Sukabumi Update

Ini Jumlah Kerugian Akibat Puting Beliung di Simpenan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kerugian akibat puting beliung yang terjadi di Kampung Cilangkap RT 07/02, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi mencapai Rp 75 juta. Puting beliung yang terjadi Minggu (20/20/2019) sekitar pukul 14.30 WIB ini merusak beberapa rumah warga.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Yayan Bastiar mengatakan berdasarkan hasil tinjauan bersama Relawan penanggulangan bencana Taruna Siaga Bencana (Tagana), meski tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian material yang dialami warga mencapai puluhan juta.

BACA JUGA: Puting Beliung Terjang Simpenan Sukabumi, Enam Rumah Rusak

"Hasil survey di lapangan bersama relawan Tagana kerugian materi ditaksir sekitar Rp 75 juta," ujar Yayan.

Puting beliung di Kampung Cilangkap mengakibatkan satu rumah warga rusak berat, satu rumah rusak sedang, empat rumah mengalami rusak ringan. Selain itu atu orang warga atas nama Ujang Soleh (24 tahun) mengalami luka di bagian telapak tangan karena tubuhnya terhempas puting beliung.

"Yang terdampak angin ada 19 jiwa dari 5 kepala keluarga, tapi sejauh ini rumah mereka masih bisa ditempati kecuali rumah pak Dade, harus waspada karena dikhawtirkan sewaktu-waktu genteng jatuh. Tadi sepertinya belum sempat diperbaiki karena tidak ada biaya katanya," jelasnya.

BACA JUGA: Puting Beliung di Simpenan Sukabumi, Ujang Terhempas dan Tersungkur di Jalan

Untuk penanganan sementara pihaknya langsung melakukan berkoordinasi dengan semua unsur terkait termasuk BPBD Kabupaten Sukabumi. Harapannya melalui koordinasi tersebut segera ada bantuan terutama bagi rumah warga yang rusak berat.

"Warga berharap ada bantuan terutama material bangunan  dan sembako, rata-rata yang rusak bagian atap, gentengnya beterbangan sehingga pada rusak," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI