Sukabumi Update

Nyi Ono, Buaya Sungai Cikaso Dievakuasi ke PPSC Nyalindung Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Nyi Ono akhirnya dievakuasi petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Cikepuh, Senin (28/10/2019).

BACA JUGA: Nyi Ono, Ini Cerita Dibalik Nama Buaya Sungai Cikaso Sukabumi

Nyi Ono adalah nama yang diberikan warga kepada buaya Sungai Cikaso yang ditangkap di kolong Jembatan Cikaso, perbatasan Kecamatan Cibitung dan Tegalbuleud pada Minggu (27/10/2019) kemarin.

"Tadi sekitar pukul 16.00 WIB, buaya tersebut dievakuasi ke Pusat Penyelamat Satwa Cikanaga (PPSC) yang ada di Kecamatan Nyalindung," ucap petugas Suaka Margasatwa Cikepuh, Iwan Setiawan kepada sukabumiupdate.com, Senin (28/10/2019).

BACA JUGA: Buaya Sungai Cikaso Sukabumi yang Ditangkap Warga Terluka pada Moncong, Kaki dan Ekor

Buaya tersebut, sambung Iwan, dibawa dengan kendaraan khusus. Di PPSC Cikananga, Nyi Ono akan dipulihkan kesehatannya dan sesudah sehat akan dilepas kembali ke Sungai Cikaso. "Tadi menurut tim medis, buaya dalam kondisi sakit, dan ada luka sedikit di moncongnya," kata Iwan.

BACA JUGA: Dua Ekor Buaya Sungai Cikaso Sukabumi juga Terlihat di Tahun 2016

Iwan menyebut, alasan Nyi Ono dikembalikan ke Sungai Cikaso lantaran sungai tersebut merupakan habitat aslinya selama ini. Selain Nyi Ono, ada delapan ekor buaya lainnya yang hidup di Sungai Cikaso.

"Empat ekor dewasa dan empat ekor seukuran yang ditangkap warga. Mudah-mudahan tidak mengganggu warga. Meskipun selama ini kan tidak ada informasi bahwa buaya tersebut mencelakai warga," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI