Sukabumi Update

Dua Bungai Bangkai Tumbuh di Nangerang Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dua bunga bangkai tumbuh di lahan perkebunan milik warga di Kampung Cigedang RT 24/03, Desa Nangerang, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Kamis (31/10/2019). 

Tanaman ini sejatinya adalah suweg atau Amorphophallus paeoniifolius yang merupakan salah satu tanaman dari kerabat bunga bangkai raksasa atau Amorphophallus titanum. Bunga tersebut ditemukan oleh siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cijambe.

BACA JUGA: Tanam Ubi, Warga Gegerbitung Sukabumi Malah Temukan Kerabat Bunga Bangkai

"Bunga bangkai tersebut ditemukan oleh Pajar dan Anap Padilah saat melewati kebun tersebut setelah pulang dari acara tahlilan Kamis sekitar pukul 16.30 WIB," kata pengajar di MI Cijambe, Abdilah Asmara, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (1/11/2019).

Menurut dia, pemilik lahan yang rumahnya sekitar 70 meter ke tempat bunga tersebut juga mencium bau bangkai pada Kamis sore itu. "Baunya seperti bangkai ayam, namun tadi pagi saat dicek tidak tercium baunya," jelasnya.

BACA JUGA: Bunga Bangkai Jenis Suweg Mekar di Pekarangan Rumah Warga Cisolok Sukabumi

Menurut Abdilah, ukuran bunga yang pertama berdiameter 38 sentimeter dengan tinggi 31 sentimeter. Kemudian bunga yang kedua diameter 43 sentimeter dan tinggi 36 sentimeter. Jarak kedua bunga sekitar 1,5 meter. "Bunga tersebut masih ada, saya pesan ke anak-anak jangan diganggu," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI