Sukabumi Update

Longsor Rusak Rumah Warga Sindangresmi Sukabumi, Lantai dan Dinding Belah

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana longsor yang terjadi di Kampung Sindangresmi RT 04/04, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mulai merembet ke wilayah permukiman warga. Sebuah rumah milik Entin (38 tahun) rusak. Lantai dan dinding rumah tersebut belah.

Aawalnya dinding dan lantai rumah hanya reta-retak kecil saja, namun semakin melebar akibat longsor yang terjadi pada Rabu (6/11/2019) dini hari.

BACA JUGA: Longsor Putus Jalan, Warga Sindangresmi Sukabumi Keluar Kampung Lewat Pematang Sawah

Warga Acep Onom (47 tahun) merasa khawatir dengan bencana longsor yang memutus jalan dan merusakan rumah serta lahan perswahan tersebut. Mereka khawatir, ketika hujan deras turun atau terjadinya gempa, longsor akan semakin meluas ke permukiman warga. "Yang ditakutkan adanya gempa (longsor) lebih parah lagi," kata Acep, kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Longsor Putus Jalan, Ratusan Jiwa di Sindangresmi Sukabumi Terisolir

Menurut Acep terdapat sebuah tiang listrik dekat lokasi longsor. Warga was-was tiang tersebut ambruk ketika longsor meluas. Adapun 10 petak sawah rusak akibat longsor tersebut. "Yang ditakutkan adalah hujan besar. Sekarang aja ada 10 petak sawah yang tidak bisa digarap," tuturnya. 

Lokasi longsor berjarak sekitar 2 kilometer dengan Kampung Benda, Desa Karang Tengah, yang dilanda bencana pergerakan tanah. Meskipun demikian, belum ada kepastian penyebab longsor tersebut.

Sementara itu, Kepala Pusdalops BPBD kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna menyatakan penyebab masih dalam pengkajian. "Hal ini sedang dalam proses pengkajian," singkatnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI