Sukabumi Update

Menengok Yanti di PSAWA, ODGJ Hamil yang Viral Bersama Bidan Cantik di Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Yanti, ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) hamil yang videonya sempa viral saat ditangani bidan cantik dan tim PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) Surade Kabupaten Sukabumi kini dirawat oleh pengurus Panti Sosial Aura Welas Asih (PSAWA) Palabuhanratu. Kondisi Yanti dan kandungannya dinyatakan semakin sehat dan diprediksi akan melahirkan dalam tiga bulan ke depan.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Video Viral Bidan Neneng Tangani ODGJ Hamil di Surade Sukabumi

"Pasien Yanti ini saat dibawa kesini dalam keadaan hamil enam bulan, berdasarkan surat pengantar dari bidan Neneng yang merawatnya saat terlantar di Surade," ujar Deni Solang, pengelola Panti Sosial Aura Welas Asih, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/11/2019).

Sehari setelah berada ke Panti, kata Deni, Yanti langsung dibawa berobat ke Puskesmas Palabuhanratu untuk memastikan kondisi kesehatan kandungannya yang diperkirakan sudah berusia lima hingga enam bulan. 

BACA JUGA: ODGJ Hamil di Palabuhanratu Sukabumi Diurus Panti Hingga Melahirkan

"Sekarang Yanti dalam pengawasan puskesmas Palabuhanratu, jaminan kesehatannya menurut informasi dibiayai oleh pemerintah daerah, termasuk persalinan nanti. (Di Panti) Yanti kita rawat diruangan khusus lanjut usia yang merupakan ruangan pasien (yang) kondisi tenang," terangnya.

Deni mengungkapkan, Yanti kemungkinan butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mengingat kembali asal dan alamatnya. Dengan catatan proses pengobatannya dilakukan secara rutin dan tidak terganggu ketenangannya.

"Kalau dari pengalaman biasanya setelah menjalani perawatan rutin dalam waktu segitu bakal mengingat lagi semuanya. Mulai dari mana, sampai alamat RT dan RW juga ingat," tandasnya.

BACA JUGA: Satpol PP Kabupaten Sukabumi Amankan ODGJ Hamil

Yanti adalah ODGJ yang terdampar di sekitar Pasar dan Terminal baru Surade. Ia kemudian ditangani oleh tim dari PKM Surade yang dipimpin oleh bidan Neneng Yuli Susilawati pada hari Selasa (19/11/2019) pekan lalu.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI