Sukabumi Update

10 Hektare Lahan Perkebunan di Cidadap Simpenan Sukabumi Dilalap Api

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan perkebunan seluas kurang lebih 10 hektare milik warga di dua kampung di Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terbakar, Kamis (28/11/2019). Dua kampung tersebut di antaranya Kampung Tarisi RT 03/17 dan Kampung Pasir Lengking RT 04/16. Api menghanguskan beberapa pohon jati.

BACA JUGA: Cari Biang Kerok Kebakaran Hutan dan Lahan, drh Slamet Usulkan Bentuk Panja Karhutla

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan, Yayan Bastiar menjelaskan, kobaran api mulai terlihat pada Kamis siang sekitar pukul 11.00 WIB di Kampung Babakang Pasir Lengking. Sekitar pukul 15.00 WIB api mulai mengecil.

"Warga mengira api mulai padam. Namun sekitar pukul 17.40 WIB, api kembali berkobar lalu merembet ke Kampung Tarisi. Kobaran api terlihat cukup besar dan dekat dengan permukiman warga," kata Yayan kepada sukabumiupdate.com, Kamis malam.

BACA JUGA: Lima Jam Api Berkobar, Pemadaman di Karangnumpang Sukabumi Tekendala Medan Terjal

Masih kata Yayan, tak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran lahan tersebut. Namun pihaknya kini tengah melakukan langkah antisipasi agar api tak merembet ke area permukiman warga.

"Alhamdulillah pemadam kebakaran dengan lima personel, dibantu relawan BPBD, Tagana dan Pemdes Cidadap tiba di lokasi dan sama-sama berupaya memadamkan api," lanjutnya. 

BACA JUGA: Kebakaran Lahan Ancam Permukiman Warga Cikundul Sukabumi

Yayan menyebut, kobaran api di area Kampung Tarisi, yang jaraknya sekitar 10 meter dari permukiman warga sudah dapat dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

"Sekarang semua relawan serta unsur terkait lainya stand by di Kampung Pasir Lengking, karena api masih sedikit terlihat. Kalau penyebab kemunculan api hingga kini belum diketahui. Apakah disengaja, pembukaan lahan, ataupun akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI