Sukabumi Update

Rumah Warga Gunungpuyuh Sukabumi Tersambar Petir

SUKABUMIUPDATE.com - Petir menyambar sebuah rumah di Jalan Merbabu RT 05/04, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jumat (6/12/2019). Peristiwa ini terjadi saat hujan deras mengguyur, Jumat sekitar pukul 15.30 WIB.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami menyatakan, petir yang menyambar rumah milik Dadang (43 tahun) itu akibat parabola yang tidak dipasangi arde atau grounding.

BACA JUGA: Rumah di Cikembar Sukabumi Tersambar Petir, Pemilik: Suaranya Seperti Ledakan Bom

"Parabola di atas rumah yang tak difungsikan itu tidak terlindung dengan arde," kata Zulkarnain kepada sukabumiupdate.com.

Zulkarnain mengatakan, grounding atau arde pada instalasi listrik berguna sebagai pencegah terjadinya kontak antara makhluk hidup dengan tegangan listrik yang terekspos akibat terjadi kegagalan isolasi. 

BACA JUGA: Polisi Pastikan Wanita Paruh Baya di Ciracap Sukabumi Tewas Tersambar Petir

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena pada saat kejadian rumah ditinggal penghuninya. Namun sejumlah barang rusak termasuk sebuah televisi. 

"Akibatnya kasur terbakar, plafon rusak, televisi, dinding kamar pecah dan gosong. Penghuni selamat karena pada saat kejadian tidak berada dalam rumah," tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI