Sukabumi Update

Bugeul Jebol, Warga Turun ke Sungai Cikaso Sukabumi Berburu Kerang

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, beberapa hari ini sering mendatangi Sungai Cikaso, tujuannya untuk berburu kerang.

Di sungai yang berada di perbatasan Kecamatan Cibitung dengan Kecamatan Tegalbuleud, ini warga mendapatkan banyak kerang yang oleh warga setempat disebut dengan nama toe atau remis.

BACA JUGA: Bugeul Muara Cikaso Tegalbuleud Sukabumi, Tujuh Warung Terendam

Kerang yang diperoleh ini selain untuk dikonsumsi juga dijual dengan Rp 7.000 per liter untuk kerang ukuran kecil dan Rp 10 ribu per liter untuk kerang berukuran besar.

"Sudah tiga hari ini kami berburu kerang," ujar warga, Mamat (55 tahun), kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/12/2019).

BACA JUGA: Fenomena Bugeul Kembali Terjadi di Muara Cibuni Sukabumi, 350 hektar Lahan Pertanian Terendam

Warga dari anak-anak hingga para ibu berdatangan ke sungai dengan membawa saringan dan wadah. Ada juga yang membawa kain untuk dipakai sebagai jala. Biasanya anak-anak mencari kerang setelah pulang sekolah. 

Warga berani turun ke sungai Cikaso karena berakhirnya fenomena bugeul yang terjadi di daerah Tegalbuleud. Ketika terjadi bugeul, Sungai Cikaso begitu dalam karena air dari sungai tersebut tertahan di muara Cibuni. Penyebab air sungai tak bisa mengalir ke laut yaitu terhalang pasir di pesisir pantai di kawasan Tegalbuleud. 

Bugeul berakhir setelah warga menjebol pasir yang mengalangi aliran air di muara Cibuni.

BACA JUGA: Banjir Bugeul di Tegalbuled Sukabumi Mulai Mengancam Rumah Warga

 

"Sekarang kan bugeul sudah tidak terjadi, sungai pun tidak terlalu dalam, paling dalam sebatas dada anak kecil," jelas Mamat.

Menurut Mamat, menangkap kerang tak sulit hanya perlu meraba-raba dasar sungai. "Menangkapnya tinggal diraba-raba dasar sungainya. Bisa juga dasar sungainya itu dikeruk dengan saringan dengan sendirinya kerang dan pasir yang terkeruk akan terpisah," tukasnya.

 

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI