Sukabumi Update

Libur Nataru, Bus Dilarang Masuk ke Jalur Sabuk Geopark Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai persiapan dilakukan Polres Sukabumi menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satu membangun pos pam di jalur wisata menuju Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Terdapat tiga Pos Pengamanan (Pos Pam) di jalur Loji-Palangpang atau yang dikenal dengan Jalur Sabuk Geopark ini.

BACA JUGA: Penampakan Roller Barrier di Jalur Sabuk Geopark Sukabumi, Ada 10 Titik Rawan Kecelakaan

 "Ada beberapa lokasi yang selama ini menjadi titik rawan, dan disitu dipasang Pos Pengamanan," ujar Kapolsek Ciemas, AKP Iwan Kusmawan, kepada sukabumiupdate.com, Senin (23/12/2019).

Tiga titik pos pam itu yaitu di Tanjakan Dini, Wisata Puncak Darma, dan Batu Cakup. 

BACA JUGA: Tanjakan Curam, Bus dan Truk Dilarang Lewat Jalur Sabuk Geopark

"Dalam pengamanan ini ada 15 personil dari Polsek Ciemas juga dari Polres Sukabumi yang dipersiapkan untuk membantu kelancaran para pengunjung dan warga yang melintas jalur Loji-Palangpang. Pengamanan langsung dipimpin Kanit Laka Polres Sukabumi Iptu Nandang," jelas Iwan.

Selain dari Polsek Ciemas dan Polres Sukabumi, juga ada tim kesehatan dari Puskesmas Ciemas yang berjaga di Pos Pam. 

BACA JUGA: Ini Penyebab Jalur Sabuk Geopark Sukabumi Minim PJU

Menurut Iwan, pengendara yang akan melintasi Jalur Sabuk Geopark agar memperhatikan kondisi kendaraan. Selain itu bus dan kendaraan besar lainnya dilarang melintas Jalur Sabuk Ciletuh karena jalur tersebut memiliki banyak tikungan serta tanjakan juga jalan menurun tajam. Hal itu dilakukan demi keamanan.

Bus dan kendaraan besar lainnya masih bisa menempuh jalur Waluran- Tamanjaya- Palangpang untuk mencapai Geopark Ciletuh.

"Bagi para pengguna jalan ruas Loji-Palangpang diharapkan untuk mengecek kendaraannya baik rem, lampu dan lainnya. Untuk mobil bus dan mobil besar dilarang masuk ruas tersebut," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI