Sukabumi Update

Jelang Libur Akhir Tahun, Sopir Bus di Terminal Sukabumi Dites Urine

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), petugas kepolisian dan instansi terkait melakukan ramp check bus di Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Kota Sukabumi, Selasa (24/12/2019) pagi. Hampir 200 bus diperiksa kalaikannya.

"Dimulai dari kelaikan teknis seperti lampu, rem, hingga kelaikan penunjang, yakni harus tersedianya APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan kotak P3K. Selain itu, dilakukan juga pengecekkan administrasi baik itu KIR maupun SIM, termasuk pengecekan urine bagi sopir bus," ucap Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo kepada sukabumiupdate.com, di terminal.

BACA JUGA: Puluhan Awak Angkutan Bus Mudik Gratis di Sukabumi Jalani Tes Urine, Ini Hasilnya!

Wisnu mengatakan, bagi bus yang belum memiliki APAR sebagai kalaikan penunjang, maka akan diberi teguran untuk segera dilengkapi. Sementara bagi sopir yang positif berdasarkan tes urine, nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satnarkoba Polres Sukabumi Kota.

"Kita pun memberikan imbauan dan memberikan stiker himbauan bahwa bila sopir ugal-ugalan agar bisa diingatkan," jelas Wisnu.

BACA JUGA: Jalani Tes Urine, Pelajar Sukabumi Diamankan Saat Hendak Ikut Demo ke Jakarta

Selaras dengan Wisnu, Kepala Terminal Tipe A KH Ahmad Sanusi Yukky Rahmat Yunus menuturkan, kegiatan ramp check memang sudah menjadi aktivitas rutin yang setiap hari dilakukan. Kata Yukky, pengumudi dari setiap PO sudah menjalani tes urine dan hasilnya negatif.

"Untuk Nataru sendiri selama tiga tahun ini belum pernah ada penambahan armada. Saat ini ada 220 bus, tapi yang beroperasi kurang dari 200, dengan tujuan pang paling jauh Semarang dan Yogyakarta. Alhamdulillah tadi ada satu bus yang APAR-nya tidak ada, tapi sudah diimbau untuk dilengkapi. Penumpang pun sampai saat ini belum ada lonjakan, masih sama seperti biasa," tandas Yukky.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI