Sukabumi Update

Penyu Hijau Jantan Ditemukan Mati dan Terdampar di Pantai Pangumbahan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor penyu hijau (Chelonia Mydas) ditemukan mati di sekitar Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/12/2019). Bangkai penyu tersebut pertama kali ditemukan oleh warga yang memancing sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Ditemukan oleh pemancing sekitar pukul 17.00 WIB di kawasan konservasi penyu Pangumbahan dalam keadaan mati, " ujar pegawai konservasi penyu Pangumbahan, Syaif kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Bangkai Penyu Hijau dengan Usus Terburai Terdampar di Pantai Cibanteng Sukabumi

Penyu yang mati berjenis kelamin jantan dengan berat kurang lebih 75 kilogram. Penyu ini memiliki panjang 140 sentimeter dan lebar tempurung 85 sentimeter. Diperkirakan penyu tersebut berusia 50 tahun.

"Bangkai penyu tersebut datang dari tengah laut, saat ditemukan sudah mulai bengkak, membusuk dan mengeluarkan bau menyengat, tidak ditemukan ada luka jadi penyebab kematian tidak diketahui. Bangkai penyu sudah dikubur di lokasi pesisir pantai, dekat dengan awal ditemukan," pungkasnya.

BACA JUGA: Penyu Hijau di Konservasi Pangumbahan Sukabumi Tidak Terdampak Tsunami Banten

Kejadian penyu hijau mati bukan hanya sekali, sebelumnya seekor penyu jantan yang memiliki panjang karapas atau tempurung 80 sentimeter dengan lebar karapas 60 sentimeter juga ditemukan mati di pesisir Pantai Cibanteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (8/11/2019) lalu.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI