Sukabumi Update

Cerita BPBD Kabupaten Sukabumi Saat Membantu Korban Banjir Bandang di Bekasi

SUKABUMIUPDATE.com - Delapan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi diterjunkan untuk membantu penanganan banjir bandang di Kota Bekasi.

BACA JUGA: BPBD Kabupaten Sukabumi Kirim Petugas ke Lokasi Bencana Bekasi

Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna menyebut, para personel BPBD yang bertugas di Bekasi sudah bertugas selama dua hari, yakni kemarin dan hari ini.

"Personel dikirim untuk terjun langsung membantu korban bencana banjir. Kemarin empat orang membawa perahu, hari ini empat orang membawa tangki air bersih. Untuk perahu langsung digunakan. Untuk air bersih gunakan sesuai kondisi saja. Bisa untuk bersih-bersih lokasi atau untuk minum," ujar Daeng kepada sukabumiupdate.com, Jumat (3/1/2020).

BACA JUGA: Berangkat dari Sukabumi, Relawan Khatulistiwa Bantu Korban Banjir dan Longsor di Bogor

Kota Bekasi menjadi salah satu daerah yang dilanda bencana banjir bandang yang terjadi pada awal tahun 2020. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cileungsi dan Cikeas.

Sukabumiupdate.com menghubungi salah seorang personel BPBD yang saat itu bertugas bernama Rengga melalui pesan singkat, Sabtu (4/1/2020). Rengga menuturkan proses evakuasi di lokasi menyisir sasaran prioritas, yakni lansia, ibu hamil, anak-anak dan balita. Saat hari pertama evakuasi, ketinggian air mencapai 2,5 meter.

BACA JUGA: 30 Orang Meninggal Akibat Banjir, Terbanyak Karena Terseret Arus

"Ada pengalaman unik. Ada warga bilang mau jemput saudara, pas kita bawa ternyata nihil. Ternyata si warga itu enggak mau jalan di genangan air, jadi cari alasan buat bisa bulak-balik ke rumah pakai perahu," ulasnya.

"Terus ada juga yang pura-pura punya saudaranya yang lagi sakit, atau apalah itu. Ya, paling hal unik buat saya mah itu. Tatkala kita membantu mereka, ada saja yang cari-cari kesempatan dengan berbagai cara," tandas Rengga.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI