Sukabumi Update

Hujan Dari Pagi Hingga Sore, Tanggul Irigasi di Mekarsari Cicurug Sukabumi Jebol

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggul saluran irigasi di Kampung Ciutara RT 01/01 Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, jebol pada Selasa (7/1/2020). Tanggul jebol lantaran volume air terus naik akibat diguyur hujan deras dari pagi hingga sore.

BACA JUGA: Luapan Irigasi dan Longsor, Kamar Pasutri di Karang Tengah Sukabumi Ambrol

Kepala Desa Mekarsari, Iwan Ridwan mengatakan, jebolnya tanggul irigasi itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu hujan deras mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Cicurug.

"Di bawanya ada dua rumah warga dan kebun jagung yang terdampak. Air itu menggenang rumah warga setinggi mata kaki orang dewasa," ujar Iwan kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

BACA JUGA: Longsor Putus Irigasi, 25 Hektar Sawah di Kabandungan Sukabumi Tidak Teraliri Air

Iwan mengatakan, di kampung tersebut sering terjadi bencana seperti ini karena kontur tanah dalam saluran irigasi ini sangat rawan.

"Dan bila hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Cicurug, salah satu tanggul irigasi tersebut pasti jebol. Kalau tanggul irigasi yang jebol ini, panjang 10 meter dan tinggi 5 meter. Baru dibangun enam bulan lalu," terangnya.

BACA JUGA: Tebing 15 Meter Longsor di Bojonggenteng Sukabumi, Timpa Saluran Irigasi

Iwan mengaku tak dapat berbuat banyak untuk menyikapi jebolnya tanggul tersebut. Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Cicurug dan PSDA untuk mencari solusi terkait bencana ini.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun saluran irigasi ini ranahnya PSDA, jadi kami Pemerintah Desa Mekarsari hanya berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan PSDA," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI