Sukabumi Update

Pantai Kalapacondong Ujung Genteng Sukabumi Dipenuhi Sampah

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Kalapacondong, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dipenuhi sampah plastik. Menurut nelayan, hampir satu minggu sampah terdampar sepanjang 500 meter garis pantai tersebut.

Nelayan, Abul (47 tahun) mengatakan, nelayan sudah pernah membersihkan namun sampah berdatangan lagi dari laut. Selain terlihat tak nyaman dipandang, sampah juga membuat perahu sulit naik ke darat.

BACA JUGA: Jorok! Sampah Plastik Kiriman Berserakan Pantai Kalapacondong Ujung Genteng Sukabumi

Menurut Abul, sampah itu berasal dari daratan kemudian terbawa ke laut lalu kembali lagi ke darat akibat musim angin barat yang cukup mempengaruhi gelombang laut. Sebab musim angin darat itu angin bertiup kencang dari laut ke darat.

"Kondisinya sudah ada seminggu, semenjak musim hujan. Sampah dari laut ini berasal dari darat, bukan dari sungai. Karena kalau sungai selama ini belum terlihat banjir atau debit airnya naik," jelasnya.

BACA JUGA: Semangat Pedagang Bersihkan Pantai Citepus Balai Desa Sukabumi dari Sampah

Abul memperkirakan tebal sampah yang menumpuk di pesisir pantai mencapai 50 sentimeter.

"Seharusnya sampah (ini) harus keruk dan diangkut ke mobil, agar tidak terjadi penambahan. (Sebab kalau terus menumpuk sampah di pesisir pantai) yang akhirnya bisa sampai ke jalan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI