Sukabumi Update

Mati Misterius, Kambing Warga Purabaya Sukabumi Diduga Dimangsa Ajag

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah kambing ternak di Kampung Babakan RT 05/02 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi mati di dalam kandang dengan kondisi luka gigitan dan usus terburai, Kamis (16/1/2020) sekitar pukul 06.30 WIB.

BACA JUGA: Video: Ternak Warga Purabaya Sukabumi Diserang Hewan Buas?

Enam ekor kambing yang terdiri dari tiga indukan dan tiga anak kambing ditemukan mati dan sekarat dalam kandang kayu yang tingginya sekitar dua meter. Kambing ternak yang diketahui milik Cucu Suryati (54 tahun) tersebut, diduga menjadi mangsa hewan buas.

Kepala UPTD Peternakan Wilayah V Jampang Tengah, Gun Gun Abdul Goni menjelaskan, setelah mendengar ternak mati misterius, pihaknya kemudian melakuan pengecekan pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Hasil pengecekan, dugaan sementara kambing-kambing ternak dimangsa oleh binatang buas yang badannya tidak terlalu besar. Yang digigit rata-rata pada bagian perut dan leher, yang merupakan titik terlemah dari hewan ternak," kata Gun Gun kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Ternak Warga Purabaya Sukabumi Diserang Hewan Buas? Banyak Bekas Gigitan

Lanjut Gun Gun, hewan pemangsa kambing ternak yang dimaksud baru merujuk pada hewan sejenis anjing liar, atau beberapa warga biasa menyebutnya ajag/ajak.

"Hewan pemangsa ini muncul pada malam hari. Bisa dikatakan mirip anjing. Mungkin turun ke permukiman karena makanan di hutan sudah tidak ada karena habis kemarau panjang. Sudah kami berikan imbauan ke para peternak agar bersiaga," tandasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI