Sukabumi Update

Penjelasan DKP Soal Binatang Mirip Cacing Laut di Pantai Ujung Genteng Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Warga pesisir Pantai Bagalbatre, kawasan Pantai Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dikejutkan dengan fenome aneh. Pesisir pantai tersebut dipenuhi binatang laut mirip cacing merah yang menimbulkan bau busuk. Fenomena tersebut terjadi pada Kamis (23/1/2020) pagi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Abdul Qodir, menyatakan, yang terdampar di pantai tersebut bukan cacing atau benih ikan tapi alga. Kemunculan alga tersebut akibat perubahan cuaca ekstrim.

BACA JUGA: Bangkai Cacing Laut di Bagalbatre Ujung Genteng Sukabumi, DPRD Jabar Kontak KKP

Hal tersebut diketahui setelah DKP berkonsultasi dengan Pengawas Sumberdaya Kelautan Perikanan (PSDKP).

"Spesies yang berwarna merah tersebut sebenarnya alga merah bukan benih ikan, perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan blooming, pemindahan massa air dalam ke bagian permukaan air," jelas Abdul Qodir kepada sukabumiupdate.com, Minggu (26/1/2020).

Untuk tindak lanjutnya Satuan Pengawas (Satwas) PSDKP Palabuhanratu akan melaksanakan Pengumpulan Bahan Keterangan (Pulbaket) ke lapangan. "Mereka yang akan cek lapangan sesuai tugas atau kewenangannya, dalam rangka Pulbaket," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI