Sukabumi Update

Jalan Berlumpur Penghubung Dua Desa di Palabuhanratu Sukabumi Dibersihkan

SUKABUMIUPDATE.com - Akhirnya, tumpukan lumpur yang menutup akses jalan penghubung Desa Cibodas dan desa Cirendang Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dibersihkan. Lumpur yang sudah menumpuk selama lebih dari satu bulan itu mulai dibersihkan oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Sukabumi, Sabtu (1/2/2020).

BACA JUGA: Satu Bulan Lebih, Warga Dua Desa di Palabuhanratu Sukabumi Berjibaku Lawan Lumpur

Anggota BPBD yang saat itu melakukan pembersihan, Beki Supriatna mengatakan, lumpur dikeruk menggunakan alat berat. Setelah lumpur mulai dibersihkan, Beki menyebut jalan sudah aman dilalui kendaraan.

"Hari ini selesai, insyaallah besok finishing. Tapi kita lihat situasi dan kondisi dulu. Sejauh ini akses jalan sudah aman dan bisa dilalui," kata Beki kepada sukabumiupdate.com, usai pembersihan.

BACA JUGA: Jalan Ruas Ciemas-Tamanjaya Sukabumi Tergenang Lumpur

Diberitakan sebelumnya, warga sudah beberapa kali melakukan pembersihan menggunakan alat seadanya. Namun lokasi jalan yang berdampingan dengan tebing lapang sepakbola yang tidak dipasangi TPT, material tanah kerap kali kembali turun ke jalan saat hujan mengguyur.

"Longsoran ini karena terjadi akibat bahan rombakan dari lapang. Kami memprediksi material longsoran dari lapang akan terus terjadi karena tata kelola pembuangan airnya tidak diarahkan. Tapi sudah kita bikinkan drainase, airnya sudah kita arahkan sebagai upaya pencegahan," tandas Beki.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI