Sukabumi Update

Jalan Berlumpur di Desa Cijulang Jampang Tengah Sukabumi, Perbaikan Sudah Diajukan

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan alternatif penghubung Jampang Tengah-Purabaya dalam keadaan rusak parah. Jalan yang memiliki panjang 14 kilometer itu melintang melewati Desa Panumbangan dan Desa Cijulang di Kecamatan Jampang Tengah. Kemudian Desa Pagelaran dan Desa Purabaya Kecamatan Purabaya.

"Jalur alternatif tersebut diaspal pada tahun 2007 dan sempat diperbaiki dengan hotmik tahun 2016-2017 sepanjang 1100 meter, dan sisanya sampai saat ini belum tersentuh," ujar warga Kampung Cimunding RT 41/12 Desa Cijulang, Kecamatan Jampang Tengah, Ruslan (36 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Kamis (6/2/2020).

BACA JUGA: Marak Warganet Upload Foto Jalan Rusak di Medsos, Ini Penjelasan Dinas PU Sukabumi

Terdapat beberapa titik di jalan tersebut yang mengalami kerusakan parah yaitu di Kedusunan Cimunding, Desa Cijulang yang memiliki panjang 6,5 kilometer. Tak tampak aspal yang tersisa di jalan ini, hanya batu dan tanah. Ketika musim hujan, jalan tertutup lumpur dan sering banjir.

"Ketebalan lumpur bisa mencapai 30-40 sentimeter saat hujan deras. Air bisa merendam dengan ketinggian 50-60 sentimeter, bahkan untuk menghilangkan lumpur harus disemprot air," jelasnya.

BACA JUGA: Jalan Rusak Dikeluhkan Masyarakat Kalapanunggal Sukabumi, Yamin: Hibahkan ke Kabupaten

Keadaan ini begitu menyulitkan warga sebab jalan tersebut merupakan akses pendidikan, ekonomi dan pertanian. "Banyak siswa kesulitan saat menuju SDN Tegalega di Desa Cijulang. Demikian dengan siswa Paud bahkan (kerusakan jalan membuat sulit warga) yang mau ke Posyandu. Begitupun siswa yang sekolahnya ke SMP dan MTs Desa Pagelaran. (kerusakan jalan juga menghambat petani) mengangkut hasil bumi," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pekerjaan Umum Wilayah V Jampang Tengah, Sudrajat menjelaskan, jalan tersebut adalah ruas Panumbangan - Purabaya dengan panjang 13 kilometer. Menurutnya dari hasil inventarisasi kondisi jalan yang baik dari sta 0+00 sampai sta 1+400, kemudian sta 10+00 sampai 13+00. "Jadi yang rusaknya kurang lebih 8,600 meter," tuturnya.

BACA JUGA: Aksi Bendera Kuning di Jalan Rusak Padabeunghar Sukabumi, DBM Jabar: Perbaikan Baru 6 KM

Sudrajat, perbaikan jalan sudah diusulkan namun belum tahu masuk tidaknya karena belum ada informasi dari program. "Kemungkinan masih dalam pengolahan, yang sudah dipastikan perbaikan ruas jalan Cimerang - Bojonglopang panjang enam kilometer dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 6 miliar," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI