Sukabumi Update

Warga Cemas Pondasi Jembatan Cibudah Ambrol Dihantam Luapan Sungai Cikeong Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cibudah penghubung jalan kabupaten ruas Ciracap-Ujunggenteng, membuat cemas warga setelah adanya bagian dari jembatan yang ambrol dan retak.

Bagian yang ambrol terjadi pada pondasi bagian sayap bagian kanan arah dari Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Lalu pada bagian pondasi sebelahnya lagi retak. 

BACA JUGA: TPT Ambruk, Jembatan Saronge Sagaranten Sukabumi Tak Bisa Dilintas Mobil

Kejadian ambruknya bagian jembatan ini akibat Sungai Cikeong meluap saat hujan deras yang terjadi pada Rabu (29/1/2020) malam. Warga berharap jembatan tersebut segera diperbaiki karena setiap hari kendaraan melintas.

Warga Desa Ciracap, Uceh Suparman (42 tahun) mengatakan kalau dibiarkan begitu saja dan tidak segera diperbaiki khawatir terjadi lagi luapan air sungai sehingga bisa menggerus bagian jembatan yang lainnya.

BACA JUGA: Besi Penyangga Patah, Lantai Jembatan Cibuni Cidadap Sukabumi Bolong

"Jalan tersebut merupakan akses utama bagi warga tujuh desa menuju pusat pemerintahan, Puskesmas Ciracap, sekolah, juga akses ekonomi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pekerjaan Umum Wilayah VI Jampang Kulon, Dayat Abdurrahman mengatakan luapan air sungai menyebabkan jembatan rusak berat di beberapa bagiannya. "Sayap dan loneng ambruk dan abutment (bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar-pilar jembatan) yang tergelincir, " jelasnya.

BACA JUGA: Pondasi Jembatan Ciodeng Cikakak Sukabumi Ambruk, Permukaan Jalan Amblas

Menurut Dayat, pada tahun 2018 dilakukan pemeliharaan ringan pada jembatan tersebut. "Sudah kami laporkan kepada pihak terkait, dinas dan BPBD, dikhawatirkan terjadi lagi banjir bisa mengakibatkan putus," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI