Sukabumi Update

Hujan Deras Batalkan Proses Evakuasi Material Longsor di Puncak Darma GCP Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan provinsi ruas Puncak Darma-Palangpang di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, sampai saat ini belum bisa dilewati kendaraan sejak longsor menimbun jalan tersebut pada Minggu (16/2/2020).

Upaya untuk menyingkirkan atau mengevakuasi material longsor dari jalan penghubung kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) ini mengalami kendala karena hujan yang terus mengguyur.

Kepala Sub Unit Pengelola (KSUP) 4 Bina Marga Sukabumi, Entis Sutisna mengatakan, proses pembersihan timbunan material longsor masih terus dilakukan di ruas jalan provinsi Puncak Darma-Palangpang. Menurut dia, upaya tersebut tidak mudah dilakukan karena material longsor terdiri dari tanah dan bebatuan. Kemudian hujan yang turun membuat proses tersebut terhenti dengan pertimbangan keselamatan.

BACA JUGA: Hujan Seharian Sukabumi Selatan Dikepung Banjir dan Longsor, BPBD Catat 18 Titik Bencana

"Tadi diberhentikan saat turun hujan sekitar pukul 17.00 WIB. Kondisinya cukup membahayakan, pengerjaan akan dilanjutkan besok, tinggal kurang lebih 200 meter lagi tumpukan material yang belum dikeruk, lokasinya lewat Puncak Darma - Jembatan Cimarinjung, " jelas Entis.

Kendati upaya memberishkan material longsor dihentikan namun semua tim masih berada dilokasi. Dalam evakuasi material longsor ini alat berat dikerahkan karena tak mungkin dilakukan dengan cara manual. 

"Untuk jalur Geopark Ciletuh melalui Loji-Puncak Darma-Palangpang, belum bisa dilalui kendaraan. Untuk jalur Cipeucang sudah bisa dilewati begitu juga melalui jalan provinsi Batu Cakup-Ciemas sudah bisa dilewati," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI