Sukabumi Update

Gara-gara Puntung Rokok, Gudang Pakan Ternak di Surade Sukabumi Ludes Terbakar

SUKABUMIUPDATE.com - Dua unit bangunan di area peternakan sapi dan ayam di Kampung Surade RT 06/02 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 10.30 WIB.

BACA JUGA: Televisi Meledak, Rumah Penjual Jamu Keliling di Kopeng Sukabumi Nyaris Ludes Terbakar

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Surade, Solih Sunarya mengatakan, area peternakan tersebut diketahui milik Haji Ramram (52 tahun). Berdasarkan keterangan pemilik, kata Solih, sempat terdengar bunyi gemuruh dari titik kebakaran.

"Bangunan yang terbakar berisi makanan ternak berupa jerami kering. Spontan pemilik menyelamatkan hewan ternak yang berada di kandang sambil berteriak meminta bantuan warga sekitar," kata Solih kepada sukabumiupdate.com, usai kejadian.

Dua unit bangunan di area peternakan sapi dan ayam di Kampung Surade RT 06/02 Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 10.30 WIB. | Sumber Foto: Istimewa

Masih kata Solih, setelah mengetahui adanya kebakaran, kemudian warga sekitar membantu pemadaman dengan alat seadanya. Dalam sekejap, api menghanguskan bangunan yang tak lain gudang penyimpanan pakan ternak yang terbuat dari kayu dan dinding bambu berukuran 8x12 meter itu. 

"Kemudian api tersebut merambat ke bangunan permanen berukuran 6x4 meter yang digunakan tempat tinggal karyawan Pak Haji Ramram, yang mengakibatkan atap bangunan tersebut habis terbakar," ujar Solih.

BACA JUGA: Korsleting Listrik, Rumah Panggung di Kalibunder Sukabumi Ludes Tak Tersisa

Lanjut Solih, sekitar pukul 10.50 WIB, satu unit kendaraan pemadam kebakaran Pos V Surade tiba di lokasi untuk melakukan penanganan. Disusul satu unit kendaraan pemadam kebakaran dari Pos VIII Kecamatan Jampangkulon yang tiba sekitar pukul 11.30 WIB. Pukul 12.05 WIB api dinyatakan berhasil dipadamkan.

"Menurut keterangan pemilik peternakan, sebelum terjadi kebakaran, ia menyuruh karyawannya untuk membereskan pakan ternak di dalam bangunan tersebut. Dugaan sementara, api berasal dari puntung rokok yang dibuang di dalam gudang dengan kondisi api diduga masih menyala. Korban jiwa nihil. Isi ternak sapi tujuh ekor berhasil diamankan. Kerugian materil ditaksir Rp 50 juta," imbuhnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI