Sukabumi Update

Irigasi Sungai Ciletuh Jebol, Warga Ciracap Sukabumi Terancam Gagal Panen

SUKABUMIUPDATE.com - Saluran irigasi aliran Sungai Ciletuh di Kampung Cigombong RT 09/02 Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi jebol. Warga menyebut, kerusakan terjadi akibat hujan deras dan longsor pada Minggu (16/2/2020).

BACA JUGA: Pipa Irigasi Putus, Petani Waluran Sukabumi Dihantui Gagal Panen

"Irigasi saluran Sungai Ciletuh tersebut mengairi sekitar 200 hektare lahan sawah yang ada di Desa Pasirpanjang. Dampak hujan deras dan longsor. Belum adanya penanganan secara maksimal," ujar Kepala Desa Pasirpanjang, Mamat Slamet kepada sukabumiupdate.com, Senin (24/2/2020).

Warga Desa Pasirpanjang, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi kerja bakti memindahkan saluran air Sungai Ciletuh, karena irigasi mengalami longsor akibat hujan dan longsor, Minggu (24/2/2020). | Sumber Foto: Ragil Gilang

Mamat melanjutkan, panjang longsor 20 meter dan tinggi 10 meter itu kewenangan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Irigasi Ambrol, Warga Desa Caringin Sukabumi Takutkan Longsor ke Permukiman

"Makanya kami bersama warga bergotong royong membuat saluran baru tidak jauh dari lokasi longsor. Adapun pihak BBWS baru memberikan bantuan karung sebanyak 1000 buah. Kami minta pihak BBWS agar segera memperbaiki dengan menurunkan alat berat," jelasnya.

"Kalau dibiarkan tanpa ada perbaikan yang maksimal, terutama alat pengatur masuknya debit air yang sudah lama tidak berfungsi, akan mengancam kekeringan dan gagal panen," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI