Sukabumi Update

Tiang Listrik Tumbang Tutup Jalan Menuju Geopark Ciletuh Sukabumi 

SUKABUMIUPDATE.com - Tiang listrik roboh di Jalan Loji-Palangpang, tepatnya di Kampung Cibatu, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/2/2020).

Kepala Seksi Pemberdayaan Satlimas Satpol-PP Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri mengatakan, tiang roboh hingga melintang di atas jalan penghubung Palabuhanratu menuju kawasan Geopark Ciletuh. Sehingga hanya motor saja yang bisa melintas. Menurut Okih, tiang roboh sekitar pukul 11.00 WIB.

BACA JUGA: Tiang Listrik Tumbang di Tanjakan Baeud Sukabumi Ganggu Arus Kendaraan

"Tadi dapat info dari rekan di grup RAPI, langsung berkordinasi dengan Humas PLN Rayon Palabuhanratu dan langsung ditindak lanjut dengan menurunkan tim ke lokas. Kondisi tiang listrik melintang dan menutup ke jalan motor masih bisa lewat. (Penyebab) tumbang kemungkinan karena pondasi sudah gak kuat, tanahnya gembur dan habis tergerus air hujan," jelasnya.

Sementara itu, warga Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan Rudi mengatakan, tiang listrik itu sangat membahayakan pengguna jalan. 

BACA JUGA: Xenia Ringsek Tabrak Tiang Listrik di Depan TK SBH Cikakak Sukabumi

"Tadi sekitar pukul 14.30 WIB, pihak PLN belum datang. Untuk kondisi aliran listik hidup atau tidak saya belum bisa memastikan, apakah ada pemadaman atau tidak. Infonya itu jalur listrik baru," singkatnya.

Terpisah, Eka Nugraha Spv teknik ULP Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi menyatakan setelah mendapat laporan adanya tiang listrik tumbang, pihaknya langsung menerjunkan tim untuk mengevakuasi. "Alhamdulillah untuk tiang sudah diamankan petugas tadi sekitar pukul 15.00 sudah selesai," ujarnya.

BACA JUGA: Tanah Pondasi Tergerus Air, Tiang Listrik Tumbang di Tanjakan Baeud Sukabumi Dievakuasi

Eka menuturkan, tiang listrik yang tumbang merupakan jalur baru sehingga belum dialiri listrik dan tidak berdampak terhadap pelayanan kepada masyarakat. "Untuk aliran listrik masih belum aktif, jadi tidak ada tegangan artinya tidak ada pemadaman aliran listrik yang mengganggu masyarakat sekitar," jelasnya.

Eka menghimbau masyarakat harus waspada mengingat saat ini sering turun hujan dan pondasi tiang bisa saja terkikis akibat aliran air yang deras. "Apabila terjadi gangguan terhadap aliran listrik masyarakat segera menghubungi pihak PLN terdekat atau bisa melalui call center 123," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI