Sukabumi Update

Baru Setahun, Penyangga Jembatan di Purwasedar Sukabumi Rusak Digerus Air Sungai

SUKABUMIUPDATE.com - Tembok penyangga Jembatan Cibangkel di Kampung Cijengkol Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi rusak digerus air sungai pada Minggu (16/2/2020) lalu. 

BACA JUGA: TMMD ke 104 di Ciracap Sukabumi, Bupati Akui Sangat Membantu Infrastruktur

Jembatan dengan panjang 24 meter sebelumnya dibangun melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun anggaran 2019.

Kepala Desa Purwasedar, Deri Riyana mengatakan, bagian yang rusak ada di samping kiri dan kanan lahan penyangga jembatan. Tembok Penahan Tanah (TPT) ambruk setelah digerus arus sungai saat terjadi hujan deras.

BACA JUGA: Melihat Progres Pembangunan Infrastruktur Program TMMD di Desa Purwasedar Sukabumi

"Jembatan ini penghubung antar kampung dan tembus ke jalan ruas provinsi Surade - Ujunggenteng. Kalau dibiarkan kondisi jembatan bisa miring dan terbawa arus," kata Deri kepada sukabumiupdate.com, Kamis (27/2/2020).

Diwawancarai terpisah, Kasi Trantibum Kecamatan Ciracap, Tuba menambahkan, kondisi kerusakan jembatan sudah dilaporkan kepada BPBD Kabupaten Sukabumi dan UPTD Pekerjaan Umum Wilayah VI Jampang Kulon.

BACA JUGA: Video: Melihat Program TMMD di Ciracap Sukabumi

"Harus segera ditangani. Dibutuhkan bronjong. Sampai saat ini kendaraan roda dua dan roda empat masih bisa lewat, cuma untuk kendaraan yang membawa muatan maksimal beratnya dua ton," tambah Tuba.

Diberitakan sebelumnya, jembatan tersebut mulai dibangun dalam rangkaian TMMD ke-104 di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap pada 26 Februari 2019 silam. Program ini melibatkan ratusan anggota TNI dan masyarakat.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI