Sukabumi Update

Gerak Cepat, Warga Swadaya Perbaiki Rumah Kena Longsor di Balekambang Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Leuwipeti, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, kerja bakti mengangkut material bangunan untuk membangun Tembok Penahan Tebing (TPT) dan memperbaiki rumah yang rusak akibat tertimpa longsoran tebing.

Bencana tanah longsor yang terjadi Jumat (6/3/2020) malam itu merusak dinding kamar milik warga Kampung Leuwipeti RT 04/04.

Kades Balekambang Yudi Setiadi mengatakan, tebing yang longsor itu harus dibangun TPT karena saat ini hujan terus mengguyur.  

BACA JUGA: Rumah di Nagrak dan Ciambar Sukabumi Rusak Diterjang Longor

Menurut Yudi material bangunan berupa batu, pasir dan semen dibeli dengan dana pribadinya. Sedangkan untuk pembangunan dilakukan oleh warga secara sukarela.

"Jadi warga tidak meminta upah untuk membangun TPT dan memperbaiki rumah yang rusak itu," jelas Yudi kepada sukabumiupdate.com, Minggu (8/3/2020).

Membeli material bangunan secara pribadi dan melaksanakan pekerjaan dengan kerja bakti merupakan upaya gerak cepat sebab apabila menunggu bantuan pemerintah butuh waktu. Disisi lain warga sangat membutuhkan. "Nunggu pemerintah butuh proses karena ini emergency," jelasnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI