Sukabumi Update

Gempa 5.0 Magnitudo di Timur Laut Kabupaten Sukabumi, Warga Hati-hati

SUKABUMIUPDATE.com – Gempa berkekuatan 5.0 magnitudo mengguncang sebagian besar wilayah Sukabumi dan sekitarnya, Selasa (10/3/2020) sekitar pukul 17:18:05 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis data gempa terjadi di 89 LS, 106.62 BT (13 km TimurLaut Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dengan kedalam 10 kilometer.

“Gempa tidak berpotensi tsunami, hati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG dalam website resminya.

BACA JUGA: Update Dampak Gempa Sukabumi, 22 Rumah di Cidahu Rusak

Belum ada keterangan resmi dugaan penyebab gempa yang dari grafis BMKG berpusat di darah wilayah Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Titik gempa yang ditunjukkan oleh BMKG adalah posisi dimana sesar cimandiri berada, dekat dengan muara sungai Cimandiri.

Sejumlah warga baik di selatan, utara Kabupaten hingga Kota Sukabumi melaporkan guncangan gempa dirasakan cukup kuat selama kurang lebih lima detik. “Lumayan kerasa tadi guncangannya, kita semua keluar dari kantor,” ungkap salah seorang petugas Polsek Ciracap Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Gemuruh Gunung Salak Pasca Gempa Sukabumi, Camat Cidahu: Ada Pelepasan Energi

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini. “Kami masih menunggu laporan petugas di lapangan,” jelas Eka Widiaman, Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

BPBD mencatat ada dua kali gempa berselisih Sembilan menit. “Sebelumnya ada gempa 3,2 magnitudo, selisih 9 menit sebelumna gempa ang 5.0 magnitudo. Kami minta warga waspada pantau bangunan dan lingkungan sekitar.” Pungkasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI