Sukabumi Update

Masuk Sukabumi dari Utara, 250 Pemudik dari Zona Merah Covid-19 Diminta Isolasi Diri

SUKABUMIUPDATE.com - 250 orang pemudik di data petugas dilokasi sterilisasi di pintu masuk menuju Sukabumi, tepatnya di Terminal Cicurug, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Senin (20/3/2020). 

Para pemudik ini datang dari arah utara atau daerah Bogor dengan menumpang angkutan umum. Mereka mayoritas berasal dari zona merah penyebaran wabah Corona atau Covid-19 diantaranya Bogor dan Jakarta.

BACA JUGA: 5 ODP Baru di Kota Sukabumi Pemudik dari Luar Kota, Paling Banyak Jakarta

Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) di titik sterilisasi ini, kendaraan dari luar daerah yang masuk ke Sukabumi diarahkan masuk ke Terminal Cicurug kemudian disemprot disinfektan sedangkan penumpangnya di periksa suhu tubuhnya lalu masuk ke bilik antiseptik dan diminta mencuci tangan. 

Dalam pemeriksaan suhu tubuh dan pendataan ini, para pemudik itu mengaku baik-baik saja. Petugas pun tidak menemukan gejala apapun. 

BACA JUGA: ODP Terbanyak di Sukabumi, Camat Surade: Mayoritas Pemudik Dari Jakarta

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, August Taufik mengatakan, kendati dalam keadaan sehat, para pemudik itu diberi pengarahan. Ketika sampai di kampung halaman untuk segera melapor kepada RT dan RW setempat kemudian melakukan isolasi diri selama 14 hari.

"Walaupun mereka tidak merasa sakit dan tidak memiliki keluhan apapun, tapi sebaiknya melakukan isolasi diri selama 14 hari bersama keluarganya. Termasuk melaporkan ke aparat setempat. Apabila selama 14 hari ada keluhan, segera melaporkan ke tenaga medis atau puskesmas setempat," tandasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI